Ini alasan 'mulia' hadirnya games Solitaire di versi awal Windows

Ini alasan 'mulia' hadirnya games Solitaire di versi awal Windows

Techno.id - Tahukah Anda, ada alasan penting nan mulia dibalik hadirnya games Solitaire di versi awal Windows? Ya, menurut Microsoft kehadiran games kartu tersebut di versi Windows 3.0 bukanlah hanya untuk kepentingan hiburan semata.

Dikutip dari BGR (15/8/15), Microsoft yang kala itu di tahun 1990 baru memperkenalkan versi Windows 3.0 ke publik, ingin supaya masyarakat tak terlalu bingung dengan tampilan antarmuka serta fungsi dasar komputer seperti menyeret dan menjatuhkan objek menggunakan mouse. Untuk itu, para pakar raksasa teknologi Redmond kala itu sepakat untuk menghadirkan games Solitaire ke Windows 3.0 supaya para pengguna terbiasa dan belajar bagaimana menggunakan fungsi dasar komputer, terutama mouse dengan cara yang menyenangkan.

Tak hanya itu, kehadiran games Solitaire di versi awal Windows tersebut juga menjadi salah satu cara Microsoft untuk menenangkan pengguna yang menurut Manager Product Microsoft kala itu, Libby Duzan, 'terintimidasi' oleh sistem operasi. Kehadiran Solitaire menurut Duzan membuat pengguna lebih mudah dalam beradaptasi dengan tampilan antarmuka komputer yang kala itu mengusung desain atau sistem yang benar-benar baru.

Karena keidentikkan permainan berbasis kartu tersebut dengan Windows, Microsoft disebutkan bakal menghadirkan Solitaire edisi Collection Premium pada versi Windows 10. Nantinya, pengguna Windows 10 bisa memainkan games tersebut tanpa iklan, akan tetapi dengan syarat harus berlangganan terlebih dahulu.

(brl/red)