CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 13 Maret 2016 06:00

Indonesia adalah pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara

Berdasarkan pantauan IDC, Indonesia menguasai sekitar 29 persen dari total pasar ponsel pintar ASEAN.

Indonesia adalah pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara

Techno.id - International Data Corporation (IDC) belum lama ini memublikasikan data penjualan smartphone di Asia Tenggara. Sepanjang 2015, diketahui shipment di kawasan ini melebihi 100 juta unit atau tumbuh 22 persen dari tahun lalu. Menariknya, hampir semua pasar ponsel pintar di ASEAN pertumbuhannya mencapai dua digit, kecuali Singapura yang pasarnya sudah keruh dan malah menurun sekitar 5 persen.

 

Dalam rilis pers yang dipublikasikan IDC (08/03/16) tersebut, terpapar juga bahwa Indonesia adalah pasar smartphone terbesar se-ASEAN. Dengan menguasai 29 persen dari total shipment, Indonesia mengungguli Thailand (22 persen) dan Filipina (14 persen) yang menguntit tepat di bawahnya.

Tak hanya itu, digenjotnya pendukung infrastruktur jaringan 4G di Tanah Air serta getolnya para operator mempromosikan layanan 4G-nya membawa berkah tersendiri bagi vendor smartphone. Indonesia pun menjadi pasar tersubur untuk handset 4G, mengalahkan Thailand di posisi kedua. Secara keseluruhan, ada sekitar 30 juta unit smartphone 4G yang laku sepanjang 2015 di Asia Tenggara, naik dua kali lipat dari 2014.

Sebelumnya, IDC turut memaparkan kalau pasar smartphone Tanah Air masih menggiurkan. 2015 kemarin ada sekitar 29,3 juta unit smartphone yang sudah ditebus konsumen Indonesia. Samsung pun terpantau masih menjadi penguasa pasar smartphone di sini.

WHAT TO READ NEXT ?