India geser posisi AS sebagai pengguna internet terbesar kedua dunia

India geser posisi AS sebagai pengguna internet terbesar kedua dunia

Techno.id - India akan memiliki 402 juta pengguna internet pada bulan depan. Jumlah sebanyak itu diperkirakan mampu menggeser posisi kedua pengguna internet terbesar di dunia yang diduduki oleh Amerika Serikat (AS). Sedangkan posisi pertama tetap dimiliki oleh Tiongkok dengan 600 juta pengguna.

Temuan ini berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh Internet and Mobile Association of India dan market research firm IMRB International di 35 kota di India. Menurut mereka, peningkatan jumlah pengguna internet di India bisa dibilang sangat cepat. Pasalnya, India hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk meningkatkan jumlah pengguna internet dari 300 juta pengguna menjadi 400 juta pengguna.

Lebih tepatnya, peningkatan itu terjadi pada tahun 2015 yang memperlihatkan kenaikan jumlah pengguna internet sebesar 49 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Jumlah tersebut diduga bakal terus meningkat menjadi 462 juta pengguna pada bulan Juni 2016, seperti yang dilansir oleh Mashable (18/11/2015).

Uniknya lagi, dari sekian banyak pengguna, diketahui yang paling banyak mengakses internet adalah laki-laki. Survei tadi juga memperlihatkan data, sekitar 71 persen adalah pengguna laki-laki dan 29 persen merupakan pengguna perempuan. Begitu pula, survei yang didapat dari wilayah pedesaan yang menunjukkan hampir 88 persen adalah pengguna laki-laki dan hanya 12 persen pengguna perempuan.

Selain itu, asal Anda tahu saja, dari 402 juta pengguna internet, jumlah tersebut hanya mewakili sepertiga dari penduduk di India. Dua pertiganya lagi dikatakan belum mengakses internet. Coba bayangkan, jika semua penduduk sudah mengakses internet, mungkin Tiongkok juga akan digeser oleh India.

(brl/red)