Media online punya peran dalam pengembangan diri pelajar

Media online punya peran dalam pengembangan diri pelajar

Techno.id - Saat ini, pengguna internet yang berada dari generasi millennial memang cukup besar. Kemkominfo Maret lalu saja mengatakan dari 73 juta user internet Indonesia, lebih dari setengahnya, atau 58,4 persen, berada di rentang usia 12 sampai 34 tahun.

Salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan besar di sini adalah sudahkah internet digunakan dengan bijak, terutama oleh pelajar di Indonesia? Adakah manfaat koneksi daring bagi mereka?

Sebenarnya, maraknya penggunaan media-media online saat ini bisa berimbas baik bagi pelajar, misalnya dalam hal mengembangkan diri yang bersangkutan.

"Media online maupun media sosial sangat penting bagi pelajar, karena bisa dijadikan sarana pembelajaran, peningkatan sikap kritis terhadap setiap perkembangan dengan menjaga sopan santun," Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma, berpendapat.

Dikutip dari Antara (14/11/15), Ishak juga menggarisbawahi pentingnya penggunaan yang bijak. Jangan sampai menimbulkan masalah akibat tidak memperhatikan tulisan yang diunggah, apalagi tulisan itu mengandung kebencian dan menyinggung privasi orang lain.

Pemerintah dalam hal ini bisa berperan aktif dengan memberikan edukasi.Pemkab Bone Bolango, misalnya, telah memberikansosialisasi penulisan di media online ke jajaran pelajar SMA/SMK di sana. Harapannya, para remaja itu bisa jauh lebih bijak memanfaatkan teknologi dan tidak sampaitersangkut oleh undang-undang Informasi Teknologi Elektronik (ITE), hanya karena ketidaktahuan terhadap tata cara penulisan di media online, media sosial maupun dunia maya.

(brl/red)