CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 13 November 2015 18:00

Presiden Jokowi akan meresmikan 4G LTE 1.800MHz akhir tahun 2015

Bila refarming sudah selesai, maka Presiden RI Jokowi akan meresmikan 4G LTE pada awal bulan Desember 2015.

Presiden Jokowi akan meresmikan 4G LTE 1.800MHz akhir tahun 2015

Techno.id - Setelah dikerjakan cukup lama, akhirnya proses tata ulang (refarming) jaringan 4G LTE di frekuensi 1.800MHz yang dilakukan oleh Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri sudah hampir selesai secara keseluruhan. Rencananya, bila refarming tersebut sudah selesai, maka Presiden RI Jokowi akan meresmikan 4G LTE pada awal bulan Desember 2015.

Pada peresmian jaringan 4G LTE ini nantinya Presiden Jokowi juga akan mengumumkan para pemain Over The Top (OTT) lokal yang bekerja sama dengan operator telekomunikasi. Kerja sama dengan OTT lokal sebelumnya sudah diwacanakan oleh pemerintah yang dipimpin Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) serta bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI).

Menurut CEO Indosat, Alexander Rusli, diresmikannya 4G LTE oleh Presiden Jokowi ini merupakan penanda bahwa Indonesia akan menuju era ekonomi kreatif. Keberadaan dan kesiapan jaringan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz tersebut, merupakan infrastruktur untuk menuju era yang digadang-gadang sebagai gelombang ekonomi baru.

"Bagi pemerintah meresmikan 4G LTE itu, sebagai simbolik menuju era ekonomi kreatif dan 4G LTE ini adalah infrastrukur menuju ekonomi kreatif. Termasuk juga di antaranya untuk meningkatkan aplikasi lokal. Sementara itu, bagi operator tujuannya adalah 4G LTE hanya sebuah mekanisme untuk mendeliver data lebih cepat saja. Jadi, tujuan pemerintah dan operator berbeda," jelasnya.

Di sisi lain tentang pengerjakan jaringan 4G LTE, sejauh ini proses migrasi sudah menyelesaikan 39 kluster dari 42 kluster dan saat ini sedang dilakukan migrasi untuk wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, seperti yang disampaikan oleh Merdeka (12/11/2015).

WHAT TO READ NEXT ?