Waspada, terlalu lama berolahraga bisa menyebabkan keracunan darah

Waspada, terlalu lama berolahraga bisa menyebabkan keracunan darah

Techno.id - Jika Anda seorang yang sangat gila berolahraga, mungkin hasil penelitian dari Monash University, Australia ini akan membuat Anda terkejut. Ya, menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Medicine tersebut terlalu lama berolahraga dapat menyebabkan keracunan pada aliran darah Anda.

Seperti dilaporkan oleh Softpedia, berolahraga dalam durasi yang terlalu lama dapat meningkatkan risiko bakteri alami yang berada dalam usus manusia bisa menginfeksi aliran darah dan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

"Latihan selama jangka waktu lama dapat menyebabkan dinding usus bocor sehingga bakteri alami yang dikenal sebagai endotoksin bisa mengalir bebas dan menginfeksi aliran darah manusia," jelas salah satu ilmuwan dalam penelitian ini.

Menurut para peneliti, para sport junkies yang mengalami keracunan darah atau yang biasa dikenal sebagai septikemia ini akan menunjukkan tanda-tanda kelainan seperti demam tinggi, menggigil, peningkatan denyut jantung, pernapasan cepat, dan wajah nampak pucat. Tim peneliti bahkan menegaskan jika septikemia tidak didiagnosis dan diobati dengan segera maka bisa saja pasien atau penderita bisa meninggal secara mendadak.

Meski terdengar menakutkan, tim peneliti mengatakan jika septikemia atau keracunan darah karena berolahraga terlalu lama bisa dicegah dengan melakukan pemanasan atau persiapan olahraga yang benar supaya tubuh bisa mempersiapkan diri ketika diajak berolahraga atau beraktivitas berat yang cukup lama.

(brl/red)