Orang berpendidikan tinggi lebih lama hidup? Ini alasannya

Orang berpendidikan tinggi lebih lama hidup? Ini alasannya

Techno.id - Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal PLOS ONE baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang dengan pendidikan tinggi memiliki harapan hidup lebih lama. Dalam penelitian tersebut disebutkan 145.000 kematian per tahunnya di Amerika bisa dihindari jika banyak warga menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi.

Menurut Virginia Chang, Profesor Ilmu Kesehatan Masyarakat di New York University Steinhardt School of Culture, Education, and Human Development, pendidikan merupakan kunci terpenting untuk membentuk perilaku kesehatan dan mengikis kesenjangan sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Chang juga menambahkan, orang dengan tingkat pendidikan lebih tinggi dapat hidup lebih lama karena berbagai alasan, seperti perilaku hidup yang sehat dan keadaan keuangan yang stabil (karena memiliki pekerjaan yang layak) sehingga memengaruhi keadaan psikologis seseorang.

Dikutip dari LiveScience (8/7/15), orang dengan gaya hidup sehat (senang berolahraga) serta keuangan yang stabil sangat mungkin keadaan mentalnya jadi lebih seimbang. Keadaan mental yang seimbang berperan penting dalam menekan kemungkinan seseorang lebih mudah stress dan terserang penyakit yang menjadi penyebab terbesar kematian di beberapa negara saat ini.

Selain itu, majunya metode pengobatan atau terapi untuk berbagai penyakit seperti jantung juga menjadi salah satu faktor kunci dapat berkurangnya angka kematian saat ini. Menurut tim peneliti, metode pengobatan bisa diakses oleh mereka yang menyadari pentingnya hidup sehat dan mereka yang berpenghasilan lebih, di mana kedua hal tersebut merupakan ciri orang-orang dengan pendidikan lebih tinggi.

Ke depannya tim peneliti berharap semoga tren putus sekolah yang banyak terjadi di negara-negara berkembang bahkan di Amerika sendiri tidak terus terjadi sehingga dapat mengurangi angka kematian dengan signifikan.

(brl/red)