HTTP/2 siap mulai era internet dengan loading ngebut dan efisien

HTTP/2 siap mulai era internet dengan loading ngebut dan efisien

Techno.id - Masa tugas HTTP/1.1 yang sudah hadir sejak tahun 1999 tampaknya segera berakhir. Sebab, protokol web terbaru, yakni HTTP/2, sudah disetujui oleh Internet Engineering Steering Group (IESG) dan tak akan lama lagi diadopsi secara global. Bahkan, perusahaan web hosting lokal seperti Dewaweb juga siap mendukung protokol anyar itu.

HTTP/2 adalah pengembangan terbaru dari protokol HTTP, dengan kelebihan untuk mempercepat loading laman web dan membuat pengalaman browsing makin nikmat. Kehadiran protokol modern itu telah cukup lama dinantikan. Sebab dalam 25 tahun terakhir, teknologi web telah jauh berkembang, misal dengan adanya CSS dan Javascript.

"Sayangnya, perkembangan tersebut tidak didukung oleh teknologi protokol web yang mumpuni karena dapat dikatakan protokol yang digunakan saat ini sudah usang, tidak mengikuti perkembangan zaman, sehingga menyebabkan loading situs interaktif semakin lama semakin lambat dan membuat banyak developer web frustrasi," keluh Edy Budiman, Founder dan CEO PT Dewaweb.

Dengan menawarkan akses yang lebih cepat dan aman berkat teknologi kompresi dan enkripsi yang lebih efisien, HTTP/2 pun layak dijadikan tumpuan untuk pengembangan teknologi web.

"HTTP/2 merupakan solusi yang telah ditunggu-tunggu dan penerapannya akan menandai dimulainya era baru dunia Internet," simpul Edy, seperti dikutip dari rilis yang diterima Techno.id (01/11/15).

(brl/red)