Google Safe Browsing Site Status: Cara mudah cek "kesehatan" website

Google Safe Browsing Site Status: Cara mudah cek "kesehatan" website

Techno.id - Demi mengamankan pengguna internet, Google telah menawarkan pengecekan terhadap sebuah situs lengkap dengan peringatan tentang adanya malware, jika ada. Nama dari fitur ini adalah Google Safe Browsing Site Status. Meskipun fitur ini tidaklah baru, namun laporan transparansi sebuah website dari Google ini menyajikan alasan yang lebih dalam mengapa situs itu dibilang aman atau berbahaya.

Penggunaan situs pendiagnosis ini cukup sederhana, kok. Anda hanya perlu memasukkan situs yang ingin Anda ketahui "kesehatannya" di kolom "Status of", kemudian klik tombol search di sebelahnya.

Google Safe Browsing Site Status: Cara mudah cek

Nantinya, akan muncul status yang dikeluarkan Google yang analisisnya dilakukan saat itu juga. Jikalau Google mengklasifikasikan situs Anda di kategori "Dangerous" atau "Maybe Dangerous", lihat saja Site Safety Details yang dijabarkan Google di bagian bawah.

Lebih lanjut, meskipun tak bisa dijadikan satu-satunya patokan, fitur ini dapat dimanfaatkan pula oleh para webmaster untuk mengevaluasi status situsnya secara berkala. Sebab, tak jarang ada aplikasi third-party di dalam website atau bahkan file yang diunggah oleh pengguna situs tersebut yang mengandung malware. Tinggal perbaiki saja catatan Google di Site Safety Details dan semoga saja situs Anda yang dicurigai Google itu statusnya bisa berubah menjadi "Recently Dangerous" atau "Not Dangerous".

(brl/red)