Google kini ijinkan pengguna mengunduh Google search history

Google kini ijinkan pengguna mengunduh Google search history

Techno.id - Per hari ini, Google telah meluncurkan sebuah layanan baru kepada para penggunanya. Layanan baru yang dimaksud adalah Google kini telah mengijinkan pengguna untuk mengunduh dan menyimpan daftar riwayat pencarian melalui layanan Google Drive dengan cara yang mudah dan cepat.

Seperti dikutip TheNextWeb (20/04/15), layanan ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam menemukan dan menyimpan data riwayat pencarian ke dalam bentuk arsip. Pengguna juga disarankan untuk berhati-hati dalam menyimpannya karena Google search history juga bersifat privasi.

Untuk mencoba layanan baru ini, akses alamat URL: history.google.com dan silahkan login dengan akun Google aktif Anda.

Langkah selanjutnya adalah klik menu "Settings" atau ikon gerigi yang terletak di bagian kanan halaman hingga muncul menu drop down. Klik menu "Download" dan ikuti petunjuk berikutnya untuk melanjutkan proses.

Setelah proses di atas selesai, Anda akan mendapatkan email pemberitahuan yang berisikan sebuah alamat URL acak. Klik URL tersebut untuk mengunduh file (format Zip) Google search history Anda.

Perlu diingat bahwa karena ini merupakan layanan Google yang bersifat baru, arsip dari Google search history baru akan tersedia ketika Anda sudah mengaktifkan fitur ini di akun Google Anda.

(brl/red)