Google kembangkan Proyek Soli mengontrol dengan gerakan tangan

Google kembangkan Proyek Soli mengontrol dengan gerakan tangan

Techno.id - Setelah menuai kesuksesan dengan kacamata pintar dan jam tangan pintar, Google mulai mempersiapkan teknologi baru hasil rancangan divisi (ATAP) Advanced Technologies and Products yang disebut Proyek Soli. Proyek Soli nantinya akan memberikan cara baru dalam mengontrol peralatan tanpa harus menyentuhnya.

Ide untuk Proyek Soli didasarkan pada tangan pengguna yang dijadikan input seperti layar sentuh. Namun bedanya, Proyek Soli tidak perlu menyentuh peralatan secara langsung melainkan seperti melakukan gerakan menyentuh di udara.

Bagaimana cara Google melakukan hal itu? Google mengembangkan sensor berbasis radar kecil untuk menangkap gerakan tangan melalui gelombang radio berfrekuensi tinggi. Jadi, gerakan tangan tadi dideteksi oleh sinyal dan diubah menjadi input data untuk menjalankan fungsi suatu peralatan elektronik, seperti dikutip dari Mashable (30/5/15).

Pendeteksi berbasis gerakan ini hampir sama dengan kamera canggih Intel RealSense 3D. Hanya saja, teknologi milik Intel menggunakan kamera, sedangkan Google menggunakan radar. Sensor radar Proyek Soli mampu menangkap gerakan sampai 10.000 frame per detik yang jauh lebih akurat ketimbang sistem berbasis kamera. Tak hanya itu, radar juga mampu melewati beberapa jenis objek, sehingga mampu beradaptasi dengan bentuk yang lebih kompleks daripada sensor kamera.

Proyek Soli masih harus disempurnakan lagi sebelum digunakan secara komersil. Hal ini sepertinya juga membutuhkan pengembang dan produsen perangkat keras untuk membantu menentukan masa depan dari Proyek Soli.

(brl/red)