Project Vault: Perangkat microSD dengan kemampuan enkripsi data

Project Vault: Perangkat microSD dengan kemampuan enkripsi data

Techno.id - Google banyak memperkenalkan proyek terbarunya pada ajang I/O 2015 yang berlangsung di San Fransisco, Amerika Serikat. Salah satu diantaranya adalah Project Vault, perangkat microSD dengan kemampuan enkripsi data atau menyimpan data dengan lebih aman.

Seperti dilansir oleh Softpedia (30/5/15), Project Vault adalah kartu microSD yang dilengkapi dengan prosesor ARM berdaya rendah serta menjalankan sistem operasi real time (real time operation system atau RTOS). Selain itu, perangkat mungil ini juga mengusung NFC yang dapat digunakan untuk berkomunikasi serta ruang penyimpanan hingga kapasitas 4GB.

Pihak Google menegaskan bahwa Project Vault memiliki tingkat keamanan paling tinggi ketimbang perangkat serupa. Data-data yang masuk ke dalam perangkat tersebut akan melalui proses enkripsi khusus yang dapat membuat informasi pribadi jadi lebih aman dan mengurangi risiko diretas atau pun dicuri oknum tak bertanggung jawab.

Hingga saat ini, Google belum berniat mengumumkan ketersediaan perangkat mini tersebut kepada publik. Kabarnya, perangkat yang kompatibel digunakan pada OS Android, Windows, dan Linux tersebut bakal lebih ditujukan untuk pangsa pasar perusahaan. Namun, beredar kabar bahwa Project Vault bakal terus dikembangkan dan mungkin akan diperluas ke pengguna awam pada masa yang akan datang.

(brl/red)