CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 22 September 2015 16:00

E-commerce getol gelar flash sale, apa sih untungnya?

Flash sale jadi salah satu metode pemasaran produk andalan para vendor.

E-commerce getol gelar flash sale, apa sih untungnya?

Techno.id - Indonesia masih jadi pasar potensial bagi berbagai perusahaan dalam memasarkan produknya. Kompetisi yang kian padat dan sesak membuat mereka harus memutar otak supaya bisa mendapat perhatian pasar. Flash sale jadi salah satu metode pemasaran produk andalan para vendor.

Metode pemasaran dengan waktu terbatas tersebut diakui mampu menarik perhatian pasar dan membantu penjualan dalam waktu cepat. Tak hanya itu, flash sale diklaim sekarang ini cukup ampuh meraih pasar secara lebih luas hingga ke daerah.

Hal itu diakui oleh Miranda V. Waroka selaku MBG Marketing Manager Lenovo Indonesia. Dia menyatakan Lenovo pada awalnya memanfaatkan metode jual cepat ini hanya sekedar supaya bisa melihat minat pasar pada penjualan online. Ternyata flash sale bisa memberikan manfaat yang lebih besar.

"Distribusi produk lewat layanan belanja online mampu menjangkau ke luar kota besar, bahkan sampai daerah pelosok yang sekarang masih belum bisa dijangkau toko ritel,” kata Miranda.

Alasan tersebut yang kemudian membuat Lenovo ketagihan melakukan metode flash sale untuk produk miliknya. Buktinya, setelah sukses menjual Lenovo A7000 lewat flash sale di Lazada, Lenovo kembali memakai metode pemasaran yang sama untuk A8000 Special Edition pekan depan.

Lazada Indonesia mengaku perusahaannya tak hanya menggaet produsen gadget yang sudah terkenal di flash sale yang digelarnya. Lazada juga menggandeng berbagai pemain baru yang ingin memasarkan produknya ke Indonesia lewat flash sale.

"Infinix misalnya sebagai pemain baru di pasar ponsel tanah air, mereka memanfaatkan flash sale untuk brand awareness ke masyarakat Indonesia," papar Tania Amalia, PR Manager Lazada Indonesia saat ditemui tim Techno.id di kantornya.

Lebih lanjut, Tania memaparkan perusahaannya masih akan terus menggunakan metode flash sale untuk memasarkan produk mitranya karena permintaan dari penggunanya memperlihatkan angka yang cukup tinggi. "Dalam satu menit ada 2000-3000 unit terjual,” kata Tania.

Hingga sekarang, Lazada Indonesia sudah memasarkan 15 tipe ponsel yang mereka tawarkan secara flash sale. Sampai akhir tahun 2015, Lazada berencana akan getol menghadirkan sejumlah perangkat anyar dari berbagai merek dengan metode serupa.

WHAT TO READ NEXT ?