Ini strategi teraman bagi startup e-commerce untuk masuki pasar ASEAN
"Strategi yang lebih baik adalah membeli semua saham sejumlah pemain lokal. Ini tak cuma lebih mudah, tetapi juga lebih murah."

Techno.id - Cukup padatnya pasar Asia Tenggara - dengan pelbagai startup yang menawarkan inovasinya tersendiri - membuat startup yang baru berencana menyusup ke sini harus mempunyai langkah jitu. Terapan dari strategi itu bisa jadi ialah dengan menyiapkan dana investasi yang besar. Namun di samping itu, ada juga hal lain yang mungkin layak diterapkan.
Menurut Tesong Kim, CEO VIP Plaza, salah satu caranya ialah dengan melokalkan produk buatannya. Ia lalu mengambil Coupang, sebuah startup e-retailer yang baru saja disuntik dana sekitar Rp15 miliar dari SoftBank Ventures tahun ini, sebagai studi kasus.
Tesong pun berpesan seandainya Coupang ingin masuk ke pasar ASEAN, "Kalau mereka menyasar sejumlah negara baru sekarang, mereka harus menginvestasikan di banyak hal: produk, pergudangan, pemasaran, dan akuisisi pelanggan."
Selain itu, strategi lainnya yang sangat bisa untuk diaplikasikan ialah dengan proses akuisisi.
"Strategi yang lebih baik adalah membeli semua saham sejumlah pemain lokal. Ini tak cuma lebih mudah, tetapi juga lebih murah," terang mantan orang dalam Rakuten itu seperti dilansir oleh KoreaHerald.com (16/09/15).
Dilihat dari kacamata obyektif, pasar e-commerce Asia Tenggara sudah dihuni pemain-pemain besar. Mereka adalah Lazada, Elevenia, Rakuten, juga VIP Plaza yang kini dipimpin oleh Tesong Kim. Dengan begini, apakah Anda setuju dengan saran dari Tesong di atas?
WHAT TO READ NEXT ?
-
CEO VIP Plaza: "Investasi di Indonesia tidak murah!"
STARTUP 17 September 2015 20:00 -
Startup Korea Selatan dan Jepang sibuk rebutan lahan di Asia Tenggara
STARTUP 17 September 2015 19:00 -
Manjakan pengguna, Tokopedia gelar diskon 50 persen
STARTUP 17 September 2015 17:07 -
Bukalapak tawarkan hewan kurban secara online
STARTUP 17 September 2015 15:58 -
Oknum driver Go-Jek sudah berani bikin orderan fiktif
STARTUP 15 September 2015 15:00 -
Lazada gelar kampanye baru, tawarkan produk eksklusif pilihan
STARTUP 15 September 2015 13:00 -
Sambut Idul Adha, Elevenia Gandeng Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa
STARTUP 15 September 2015 12:00 -
Raih pendanaan Series A, HappyFresh dapat suntikan Rp171 miliar
STARTUP 15 September 2015 07:00 -
Hadirkan banyak program menarik, Elevenia dapat penghargaan
STARTUP 14 September 2015 21:00 -
Buat solusi sehat, ProSehat "jebol benteng" Seedstars World Jakarta
STARTUP 14 September 2015 00:00 -
Seedstars World: Startup Indonesia miliki potensi tumbuh signifikan
STARTUP 13 September 2015 22:00 -
Seedstars World, kesempatan emas startup Indonesia untuk mendunia
STARTUP 11 September 2015 23:00 -
Resmi melenggang, MatahariMall.com gelar promo berhadiah apartemen
STARTUP 10 September 2015 01:00 -
Printerous, pilihan kreatif muda pasarkan hasil karya
STARTUP 9 September 2015 19:00 -
Printerous turut sumbang kontribusi pertumbuhan ekonomi kreatif
STARTUP 9 September 2015 17:00