CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 26 November 2015 05:00

Distributor gadget resmi gelisah, banyak smartphone tak berizin

Peraturan untuk menindak toko online 'nakal' itu sudah ada, tetapi pemerintah belum bertindak tegas untuk menumpas pelanggaran tersebut.

Distributor gadget resmi gelisah, banyak smartphone tak berizin

Techno.id - Maraknya penjualan smartphone tak berizin di Indonesia membuat distributor resmi menjadi gelisah. Pasalnya, sekarang ini banyak sekali smartphone yang belum dijual resmi di Indonesia tetapi sudah dijual di toko-toko online. Hal inilah yang menjadikan distributor resmi seperti Erajaya Group tak terima.

Smartphone yang dijual tanpa izin itu tidak hanya merugikan Erajaya Group, melainkan juga merugikan pemerintah. Oleh karena itu, Direktur & Marketing Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo meminta agar pemerintah ikut turun tangan dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Sebenarnya, peraturan untuk menindak toko online 'nakal' itu sudah ada, tetapi pemerintah belum bertindak tegas untuk menumpas pelanggaran tersebut. Akibatnya, semua kalangan yang menjual gadget secara resmi akan dirugikan, begitu juga pemerintah.

Pihak Erajaya Group juga tak bisa menindak mereka secara langsung karena yang lebih pantas melakukan itu adalah pemerintah. Pemerintah memiliki kendali regulasi untuk menyatakan sikapnya atas persoalan tersebut, seperti yang dilaporkan oleh Merdeka (25/11/2015).

"Kita tidak dalam kapasitas untuk mengomunikasikan hal itu kepada mereka. Satu sisi toko-toko online itu adalah partner kita, dalam penjualan kita juga sering punya lapak di toko online mereka. Tetapi kalau partner kita yang jual di toko online tersebut, kan larinya juga ke kita dan tidak ada masalah. Jadi, memang yang seharusnya ngomong semestinya regulator, memberikan pemahaman ini loh ada aturannya mengenai hal ini," jelasnya.

WHAT TO READ NEXT ?