CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 25 November 2015 15:00

Selain software developer, profesi ini dicari industri e-commerce

Profesi data scientist begitu penting untuk memecahkan masalah di dalam suatu perusahaan.

Selain software developer, profesi ini dicari industri e-commerce

Techno.id - Industri e-commerce kian melambung tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Maka tak heran, semakin banyak pelaku e-commerce yang juga mencoba mencari untung di industri tersebut. Saking banyaknya, hal tersebut secara otomatis juga ikut membuka lowongan pekerjaan. Lantas, profesi seperti apa yang belakangan ini diminati industri e-commerce?

Menurut Founder sekaligus CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky, tadinya orang-orang hanya mengira bahwa profesi terbaik dalam industri e-commerce adalah software developer, namun nyatanya ada profesi lain yang juga menjanjikan. Achmad Zaky menjelaskan bahwa untuk mengembangkan industri e-commerce maka para pelaku yang berkecimpung di industri tersebut juga harus memiliki yang namanya data scientist.

"Industri kita baru berumur 5 tahun, sekarang memang sedang happening. Banyak posisi bagus di industri ini. Kalau dulu orang tahunya developer doang, tapi sekarang data scientist. Data Scientist ini juga tak kalah hebat dengan developer. Mereka memiliki peran penting juga dalam hal mencari dan menerjemahkan data yang berguna untuk perusahaan," ujarnya, seperti yang disadur dari Merdeka (23/11/2015).

Mengapa profesi data scientist begitu penting? Menurutnya, data scientist sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan besar, tak hanya startup saja. Pasalnya, profesi data scientist memiliki data-data khusus yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Bahkan, dengan adanya data scientist di Bukalapak.com, perusahaan tersebut mengalami pertumbuhan yang menguntungkan hingga 20 persen.

"Perlu dan penting banget. Di Indonesia, yang kurang kuat itu. Kenapa saya bilang, karena para startup di Amerika dan negara-negara lain memperhatikan hal itu, sehingga proses backend tak menjadi masalah. Mereka bener-bener hitung itu berdasarkan dengan data. Bahkan perusahaan gede pun harus menerapkan data. Karena data ini fakta. Dengan data kita juga bisa memecahkan masalah dengan benar," kata dia.

WHAT TO READ NEXT ?