CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 5 November 2015 05:00

Tips aman berbelanja gadget secara online

Hobi berbelanja gadget secara online? Perhatikan empat poin berikut ini sebelum melakukan proses jual beli

Tips aman berbelanja gadget secara online

Techno.id - Belanja online kini tengah naik daun. Metode berbelanja yang mudah nan praktis, penawaran harga dan bonus yang menarik, serta banyaknya program flash sale adalah beberapa alasan utama mengapa belanja online dewasa ini kian digemari.

Menurut elevenia, gadget menjadi salah satu produk yang paling dicari secara online. Dan di saat yang bersamaan pula, kasus penipuan belanja online terbesar juga banyak berasal dari produk gadget.

"Belanja online memang sangat menyenangkan. Klik sana, klik sini, lalu semuanya selesai. Hanya tinggal menunggu barang datang setelah dibayar. Namun banyak juga yang harus diperhatikan," ujar Vice President Marketing elevenia, Madeleine Ong De Guzman.

Oleh sebab itu, Madeleine menyarankan para online shopper untuk memperhatikan beberapa hal. Berikut tips membeli gadget secara online dari elevenia sebagaimana dikutip dari Merdeka, Rabu (04/11).

Sesuai kebutuhan

Memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang paling mendasar untuk dilakukan. Sebagai contoh, belilah gadget BlackBerry jika Anda memang lebih menyukai percakapan melalui layanan pesan instan BlackBerry Messenger.

"Tahu apa yang Anda butuhkan. Itu hal mutlak yang harus ada sebelum membeli gadget," ujar Madeleine.

Testimonial

Selama ini, testimonial adalah media tolak ukur yang cukup penting ketika berbicara mengenai belanja online. Sayangnya, tidak sedikit para online shopper yang masih saja mengabaikan hal sepele ini.

"Jika 9 dari 10 testimoni berisi hal yang positif mengenai toko tersebut, maka Anda bisa berbelanja gadget di toko tersebut. Namun jika sebaliknya, Anda pasti tahu apa yang harus dilakukan," terang Madeleine.

Pilihan atau harga

Harga pastinya adalah salah satu faktor yang akan selalu dipertimbangkan. Namun dalam belanja online, layanan after sales (asuransi atau garansi gadget) adalah hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan.

"Selalu ada harga yang harus dibayar untuk sebuah pilihan," ujar Madeleine.

Bonus

Belanja online tidaklah jauh berbeda seperti berbelanja di dunia nyata. Ya, jika Anda mau meluangkan waktu untuk lebih teliti, maka Anda bisa mendapatkan berbagai macam bonus menarik yang ditawarkan oleh para toko online. Bonus ini pun dapat berupa potongan harga, cicilan nol persen, hingga berupa program promo.

"Di elevenia, kami memiliki voucher mega bonus, yang bisa digunakan salah satunya untuk pembelian gadget dengan harga tertentu," ujar Madeleine.

"Berbelanja di marketplace itu sangat menyenangkan. Akan lebih menyenangkan jika kita bisa paham tip dan triknya," papar Madeleine menutup pembicaraan.

WHAT TO READ NEXT ?