Di US, Anda bisa melihat aturan menerbangkan drone lewat aplikasi

Di US, Anda bisa melihat aturan menerbangkan drone lewat aplikasi

Techno.id - Bagaimana Anda bisa tahu ada larangan menerbangkan drone di satu wilayah? Di Amerika, hal tersebut sudah bisa diketahui melalui aplikasi smartphone.

FAA (Federal Aviation Administration), sebuah lembaga resmi yang mengatur penerbangan drone di Amerika, dikabarkan baru saja merilis aplikasi untuk mengetahui wilayah larangan terbang drone, seperti yang dilansir oleh Digitaltrends.com (29/08/15).

Aplikasi yang bernama BA4UFLY ini dapat memberitahukan apakah Anda diperbolehkan atau tidak untuk menerbangkan pesawat tanpa awak tersebut di satu wilayah.

Anda hanya perlu mengetikkan lokasi di mana Anda ingin melakukan penerbangan, lalu akan ada pemberitahuan diperbolehkan atau tidaknya menerbangkan drone tersebut. Hal ini tentu saja untuk menjaga keamanan sekitar atau yang membahayakan penerbangan pesawat berawak.

Selain itu, aplikasi ini juga memuat semua aturan dan UU serta pengetahuan lainnya terkait penerbangan. Dengan adanya aplikasi ini, negara yang memiliki pengguna drone terbanyak di dunia ini diharapkan dapat membantu para pengguna drone yang profesional dan amatir.

Aplikasi ini dikatakan telah hadir dalam versi beta di perangkat iOS. Namun, untuk pengguna Android akan hadir dalam waktu beberapa bulan lagi.

Tentu saja aplikasi seperti ini bisa digunakan di Indonesia, mengingat penggunaan drone yang semakin meningkat di tanah air. Bagaimana pendapat Anda?

(brl/red)