CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 21 Desember 2015 17:25

Demokrasi digital cara ampuh netizen sampaikan aspirasi

Dari 900 ribu di tahun 2014, pengguna Change.org kini sebesar 1,9 juta hingga Desember 2015

Demokrasi digital cara ampuh netizen sampaikan aspirasi

Techno.id - Gerakan demokrasi digital di tahun 2015 mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah pengguna wadah petisi Change.org dari 900 ribu pengguna pada 2014 menjadi 1,9 juta pengguna hingga Desember 2015.

Dengan kata lain, demokrasi digital mampu menarik perhatian lebih netizen dalam menyampaikan aspirasi.

Pertumbuhan pengguna yang besar itu berimplikasi pada petisi di tahun 2015 dan tercatat 536.099 orang berpartisipasi dalam petisi kemenangan.

Beberapa kemenangan yang diusung Change.org melalui petisi yakni #RipYongki, Pilkada Langsung, Jaminan Hari Tua, Tarif Data di Timur, Akses Obat Hepatitis dan #PapaMintaSaham.


Tim Change.org Indonesia
© 2015 techno.id/Indah Pertiwi

Desmarita Murni, Direktur Komunikasi Change.org Indonesia mengatakan bahwa lewat media sosial, jutaan suara orang dapat terfasilitasi, terdanai, hingga termobilisasi dengan cepat dan efektif. "Kita tak lagi terbatasi oleh sistem birokratis berlapis hanya untuk menyampaikan usulan, kritik atau dukungan ke pengambil kebijakan," ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa banyak orang yakin mereka bisa membuat perubahan dengan kontribusi sekecil apapun. Jumlah partisipasi dan kemenangan ini menunjukkan bahwa netizen berpengaruh dalam menciptakan perubahan dalam tatanan masyarakat.

WHAT TO READ NEXT ?