CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 21 Desember 2015 12:00

NASA ingin kontrol robot luar angkasa dengan PlayStation VR

Tak hanya sekadar untuk menonton film dan bermain game, PlayStation VR juga dikembangkan untuk mengontrol robot dari jarak jauh

NASA ingin kontrol robot luar angkasa dengan PlayStation VR

Techno.id - Bukan hal yang mustahil jika di masa depan nanti, teknologi Virtual Reality (VR) bakal menjadi mainstream. Faktanya, teknologi ini sudah mulai ditekuni perusahaan sekelas Samsung dengan Gear VR, dan Sony dengan PlayStation VR.

Di sisi lain, fungsi utama VR juga sudah kian beragam. Selain digunakan untuk menonton film atau bermain video game, NASA bahkan berniat menggunakan teknologi ini untuk mengontrol robot luar angkasa dari jarak jauh.

Ya, badan antariksa AS itu dilaporkan tengah bekerja sama dengan Sony dalam sebuah proyek bernama "Mighty Morphenaut", yaitu sebuah proyek yang memungkinkan NASA mengontrol robot luar angkasa dari jarak jauh menggunakan PlayStation VR.

Menurut laman Ubergizmo (20/12), robot NASA kali ini juga dikenal dengan proyek Robonaut. Pada intinya, Robonaut diciptakan untuk menggantikan berbagai misi berbahaya di luar angkasa yang masih membutuhkan tenaga manusia.

Sejauh ini, masih belum ada tanggapan lebih jauh dari pihak NASA maupun Sony. Kendati demikian, NASA diyakini berniat memanfaatkan PlayStation VR lebih dari hanya sekadar mengontrol robot luar angkasa.

WHAT TO READ NEXT ?