CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 21 Desember 2015 16:00

25 tahun lalu, website pertama lahir ke dunia

Situs yang dibuat tersebut ialah info.cern.ch.

25 tahun lalu, website pertama lahir ke dunia

Techno.id - Kalau saja Tim Berners-Lee tidak mencetuskan ide mengembangkan sistem distribusi informasi untuk CERN bakal digunakan di seluruh dunia, mungkin situs tak akan ada. Proposalnya yang dibuat pada 12 Maret 1989 itu pada awalnya diciptakan agar para anggota CERN mempunyai platform untuk bisa saling berbagi informasi dan mengaksesnya dari mana saja.

Dibantu Robert Cailliau, Berners-Lee akhirnya merealisasikan ide itu dan lahirlah website pertama di dunia pada 20 Desember 1990. Situs tersebut ialah info.cern.ch.


Website pertama di dunia
© 2015 info.cern.ch/info.cern.ch

Kendati saat itu, situs yang dikembangkan Berners-Lee belum 100 persen diperuntukkan untuk publik, laman itu telah diakui sebagai landasan web yang ada sekarang.

Berners-Lee, sang penemu World Wide Web (WWW), kini menjabat sebagai ketua World Wide Web Consortium. Konsorsium itu ialah pihak yang mengatur perkembangan web beserta teknologi yang ada di dalamnya, mulai dari URL, HTTP, dan HTML.

Menariknya, pria 60 tahun itu tak mau mematenkan World Wide Web atas namanya. Makanya, WWW pun masih bisa digunakan secara bebas hingga saat ini.

WHAT TO READ NEXT ?