Demi alien, Tiongkok rela menggusur hampir 10.000 warga

Demi alien, Tiongkok rela menggusur hampir 10.000 warga

Techno.id - Pemerintah Tiongkok akan menggusur hampir 10.000 warganya untuk membangun teleskop radio terbesar di dunia. Teleskop yang luasnya 30 kali lipat lebih besar dari lapangan sepak bola ini nantinya akan digunakan untuk mencari keberadaan alien. Oleh karena itu, warga yang bermukim di area tersebut akan direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Pejabat Provinsi Guizhou, Li Yuecheng telah bersumpah bakal memindahkan 9.110 penduduk yang tinggal dalam radius 5 Km dari teleskop ke wilayah yang lebih aman tanpa adanya gelombang elektromagnetik. Selain dipindah, warga juga akan mendapat santunan dana sebesar Rp 24 juta. Bahkan, beberapa warga juga akan mendapat subsidi tambahan untuk membangun perumahan.

Sekadar info saja, pembangunan teleskop bernama (FAST) Five-hundred-meter Aperture Spherical Radio Telescope ini telah menguras dana sebesar Rp 2,4 triliun. Teleskop ini kalau sudah jadi akan mengalahkan teleskop radio buatan Amerika, Arecibo Observatory yang berdiameter 305 meter. Pasalnya, pemerintah Tiongkok membangun teleskop FAST dengan diameter 500 meter.

Kendati FAST akan menjadi teleskop terbesar di dunia, namun ke depannya FAST tidak akan digunakan untuk mencari alien saja. Pemerintah Tiongkok kabarnya juga akan memanfaatkan teleskop ini untuk mengeskplorasi bulan dan pengorbitan stasiun luar angkasa, seperti yang dikutip dari Phys (16/2/2016).

(brl/red)