Dapatkah beras menyelamatkan nyawa ponsel?

Dapatkah beras menyelamatkan nyawa ponsel?

Techno.id - Peristiwa yang tak diinginkan bisa datang kapan saja, termasuk kejadian ponsel yang terkena tumpahan air. Jika hal ini sudah terjadi pada Anda maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah segera mengeringkannya. Tapi ingat, mengeringkan ponsel juga tak boleh sembarangan karena bila caranya salah bisa jadi air di dalam ponsel tadi akan merusak ponsel kesayangan Anda.

Agar air tak merusak komponen pada ponsel, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah mengelap ponsel dengan handuk kering. Anda juga tidak boleh menyalakan ponsel atau menekan tombol apapun pada ponsel dan lebih baik langsung melepas baterai dari ponsel. Hal ini untuk menghindari adanya arus pendek, apabila ponsel dinyalakan dalam keadaan basah. Terlebih lagi, jangan pernah mengeringkan ponsel menggunakan pengering rambut atau hairdryer karena bila ini Anda lakukan maka dapat membahayakan komponen elektronik di dalamnya, seperti yang disadur dari Wired.

Cara yang paling mudah dan murah untuk mengeringkan ponsel yaitu menggunakan beras. Ya, beras dipercaya dapat menyerap air pada ponsel hingga kering seperti sedia kala. Anda bisa memasukkan ponsel yang sudah Anda keringkan dengan handuk ke dalam kantong beras selama 24 jam sampai 36 jam atau lebih. Saat melakukan ini jangan lupa kantong beras tersebut ditutup agar beras dapat menyerap air pada ponsel secara maksimal dan tidak ikut menyerap air dari udara terbuka.

Setelah mengubur ponsel ke dalam beras, biasanya air pada ponsel akan terserap habis. Dengan begitu, Anda dapat menyalakan ponsel kembali. Dari beberapa orang yang telah mencoba trik ini, kebanyakan mendapati ponselnya hidup kembali karena mungkin air yang masuk ke dalam ponsel tidak terlalu banyak. Namun, jika trik ini tidak berhasil pada ponsel Anda maka ponsel tadi bisa langsung dibawa ke service center atau diklaim asuransi ke distributor ponsel.

(brl/red)