Ini robot serangga yang dapat melompat di air

Ini robot serangga yang dapat melompat di air

Techno.id - Dilansir oleh Techradar.com (31/07/15), peneliti biorobotik salah satu Universitas di Korea Selatan yang bekerja sama dengan Universitas harvard di AS dikabarkan menciptakan robot serangga yang tidak hanya bisa berjalan namun juga bisa melompat di air.

"Permukaan air perlu ditekan pada kecepatan yang tepat sampai kedalaman tertentu untuk bisa melompat," ujar Kyu Jin Cho selaku peneliti dikutip dari Techradar.com.

Hal ini diketahui saat peneliti tersebut mempelajari pada beberapa jenis serangga dalam mengembangkan mekanisme tertentu untuk melakukannya. Peneliti merekam dengan kamera berkecepatan tinggi, dan dengan hati-hati mempelajari gerakan serangga tersebut.

"Ini adalah bentuk kecerdasan yang telah diwujudkan, dan kita dapat belajar dari kecerdasan tersebut untuk membangun robot yang sama dan mampu melakukan manuver ekstrim," ujar Cho.

Sementara itu, Robert Wood, peneliti lain terlibat mengatakan jika robot ini bisa melompat di air dengan hasil yang sama dengan robot yang melompat di tanah. Luar biasa bukan?

(brl/red)