Indonesia segera miliki pesawat terbang buatan sendiri

Indonesia segera miliki pesawat terbang buatan sendiri

Techno.id - Mimpi bangsa Indonesia untuk memiliki pesawat buatan sendiri nampaknya bakal segera terwujud. PT Regio Aviasi Industri alias RAI kabarnya bakal segera memproduksi pesawat yang akan diberi nama R-80.

Seperti dikutip dari Merdeka (30/7/15), R-80 saat ini sedang dalam penggodokan rancangan tahap awal.

"Kita masih dalam tahap desain awal. Desain awal di sini maksudnya adalah kita belum memilih komponen-komponen utama yakni seperti mesin dan sistem pengendalian pesawatnya. Kita belum sampai situ," jelas Ilham Habibie, Komisaris PT RAI.

Lebih lanjut, putra mantan presiden RI, BJ Habibie tersebut menjelaskan, pertengahan tahun depan pihaknya berharap rancang awal pesawat ini sudah tuntas semua sehingga bisa melanjutkan ke pembuatan prototype. "Jadi, prototype selesai tahun 2019. Soalnya ini masih lama dari segi desain awalnya," jelas Ilham.

Nantinya, pesawat R-80 bakal menggunakan tiga alternatif mesin, yakni Rolls Royce, Pratt & Whitney, dan General Electric. Sayangnya, Ilham tak menyebutkan lebih rinci mengenai mesin mana yang akan lebih dipilih oleh pihaknya.

Ilham mengungkapkan, R-80 nantinya bakal jadi kompetitor bagi ATR, pabrikan pesawat Perancis-Italia tersebut. Ia mengklaim jika R-80 bakal lebih unggul 10 persen dari sisi kapasitas penumpang ketimbang ATR.

Untuk calon pembeli, Ilham mengatakan sudah ada beberapa nama maskapai penerbangan yang tertarik untuk menggunakan pesawat buatannya ini, antara lain Nam Air, Sky Aviation, Wings Air, dan juga Kalstar.

(brl/red)