CEO Tesla: 2021, penjualan mobil listrik Tiongkok bisa lampaui AS

CEO Tesla: 2021, penjualan mobil listrik Tiongkok bisa lampaui AS

Techno.id - Dalam lima hingga enam tahun ke depan, penjualan mobil listrik Tesla di Tiongkok diperkirakan akan melampaui negara Amerika Serikat. Demikian pernyataan CEO Tesla, Elon Musk kepada media pemerintah Tiongkok, Xinhua.

"Dalam jangka panjang, kita mungkin akan melihat penjualan (mobil listrik) di Tiongkok akan sama atau lebih tinggi daripada Amerika Serikat. Ini (penjualan) mungkin butuh waktu lima atau enam tahun," ujar Musk sebagaimana dikutip dari VentureBeat (26/10).

"Kami sedang mencoba untuk membangun pabrik produksi di sana (Tiongkok). Dalam beberapa tahun mendatang, Anda akan melihat pengumuman kemitraan (antara perusahaan mobil listrik Tesla dan pemerintah Tiongkok) yang cukup signifikan," imbuhnya.

Di kuartal ketiga tahun ini, Musk mengungkapkan bahwa pihaknya telah berhasil menjual mobil listrik sebanyak 5.252 unit di Tiongkok. Sedangkan di negara Amerika Serikat, Tesla sukses menjual sebanyak 11.580 unit.

Dari penjualan tersebut, menurut Musk, angka penjualan mobil listrik di dua negara tersebut semakin tak berjarak. Meski saat ini masih berbeda sekitar 50 persen, Musk percaya jika persentase itu akan terus mengecil dalam lima hingga enam tahun ke depan.

Sebagai informasi tambahan, di Tiongkok, saat ini Tesla telah memiliki 84 superchargers (stasiun pengisian) dan 1.500 destination chargers. Sementara itu, kampanye mobil listrik masih terus digaungkan pemerintah Tiongkok untuk mengurangi masalah polusi

(brl/red)