Cara cepat dan mudah lakukan perhitungan angka di MS Words

Cara cepat dan mudah lakukan perhitungan angka di MS Words

Techno.id - Chandra Wijaya

Tak seperti Microsoft Excel, melakukan perhitungan angka via Microsoft Words selama ini identik dengan menggunakan metode manual, entah menggunakan kalkulator atau bahkan melakukan penghitungan via Excel. Namun, sebenarnya menghitung sebuah rumus angka ternyata juga bisa dilakukan langsung di Words dengan memanfaatkan sebuah pengaturan khusus.

Anda bisa memanfaatkan pengaturan khusus yang bernama Calculate. Namun sebelum menggunakannya, terlebih dahulu Anda perlu melakukan serangkaian langkah sederhana untuk memunculkan Calculate ke layar menu Words seperti berikut ini:

Langkah pertama

Jika Anda menggunakan versi Word 2007, Anda hanya perlu meng-klik tombol Office dan kemudian pilih Word Options. Sementara untuk Word versi terbaru, Anda harus mengaktifkan menu ini via tab File yang ada di menu atas atau ribbon dan kemudian pilih Options.

Langkah kedua

Setelah jendela Word Options terbuka, perhatikan kolom kiri dan pilih Customize untuk Word 2007, atau pilih Quick Access Toolbar untuk Word versi terbaru.

Cara cepat dan mudah lakukan perhitungan angka di MS Words

Langkah ketiga

Setelah itu, Anda akan menemukan tampilan deretan pilihan Choose Commands From pada sebelah kanan menu. Selanjutnya, pilih menu Commands Not In the Ribbon.

Langkah keempat

Setelah terbuka, segera cari menu pilihan Calculate, dan klik untuk memilihnya.

(brl/red)