CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 8 September 2015 06:00

Menghilangkan nama barang yang tidak terpakai dari daftar tabel Excel

Tutorial ini cocok untuk Anda pengelola toko kelontong atau pemeriksa stock.

Menghilangkan nama barang yang tidak terpakai dari daftar tabel Excel

Techno.id - Chandra Wijaya 

Kegunaan Microsoft Excel yang luas pada praktiknya juga digunakan banyak pihak, termasuk toko kelontong yang mungkin menggunakannya untuk mencatat dan menyortir barang dagangan. Jika benar seperti itu, tentu akan tiba kalanya user tersebut ingin menghilangkan nama-nama barang yang ada di daftar belanja dari tabel Excel-nya.

Cara pertama tentunya dengan menggunakan fitur Search untuk mencari dan menghapus satu per satu nama barang yang tidak mereka inginkan. Sayangnya, cara ini akan sangat merepotkan jika kedua daftar ini ternyata sama-sama banyaknya dan mungkin mencapai jumlah sampai ratusan dan bahkan ribuan.

Maka dari itu, baiknya coba saja rumus Excel untuk membantu menyusun daftar baru yang benar-benar sudah tidak termasuk di daftar barang yang tidak akan dibeli lagi.

Caranya begini, pertama, tempatkan daftar nama barang yang tidak akan dibeli di kolom A dan daftar nama barang yang akan di-filter ada di kolom C. Sedangkan data hasil filter tersebut akan ditempatkan di kolom D. Daftar nama barang di kolom D inilah nantinya yang akan menjadi daftar nama barang yang akan dibeli nantinya.

Untuk lebih jelasnya, contoh data awalnya akan seperti ini:

Target di sini adalah menghilangkan secara otomatis data Sikat, Baju, dan Kertas dari Daftar Semua Barang di kolom C, dan hasilnya akan tampil di kolom D. Jadi jika isi dari kolom C tidak termasuk yang ada di kolom A, maka isi dari kolom C akan tampil di kolom D. Sebaliknya, jika isi kolom C ada di daftar kolom A, berarti tidak perlu ditampilkan di kolom karena termasuk barang yang tidak perlu dibeli lagi.

Untuk itu masukkan rumus ini di cell D2: =IF(ISNA(MATCH(C2,$A:$A,0)),C2,"") kemudian enter. Hasilnya akan seperti ini:

WHAT TO READ NEXT ?