CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 8 September 2015 13:00

Tips menyulap tabel Excel mengikuti nilai tukar uang secara otomatis

Tahukah Anda jika program Excel dapat mengikuti nilai tukar uang (kurs) secara otomatis dan real-time dengan koneksi internet?

Tips menyulap tabel Excel mengikuti nilai tukar uang secara otomatis

Techno.id - Chandra Wijaya

Bagi para pebisnis ekspor dan impor, memantau nilau tukar uang (kurs) yang terus berubah setiap saat adalah menu kesehariannya. Praktis, mereka pun juga harus terus memperbarui tabel harga secara berulang-ulang.

Di program Microsoft Excel, tabel harga sebenarnya dapat dibuat mengikuti kurs secara otomatis jika terhubung dengan internet. Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang masih belum mengetahui caranya.

Sebagai landasan, tim Techno.id kali ini akan memberikan contoh tabel harga awal seperti yang tertera dalam gambar di bawah ini:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengarahkan kursor mouse ke cell A1, kemudian masuk ke menu "Data" dan "From Web". Di sini, masukkan alamat situs yang akan menjadi pedoman Anda dalam mengikuti perkembangan nilai tukar uang.

Sebut saja seperti situs BCA, maka yang harus dilakukan adalah memasukkan alamat url www.klikbca.com ke kolom "Address", yang kemudian dilanjutkan dengan tombol "Go" untuk menampilkan layar seperti gambar di atas.

Scroll layar ke bawah hingga tabel kurs dari situs resmi BCA terlihat di layar Anda. Selanjutnya, klik ikon panah kecil berwarna kuning yang terletak tepat di samping kiri tabel kurs seperti tampak pada gambar di atas.

Setelah ikon panah kecil tadi berubah warna menjadi hijau, tekan tombol "Import". Sebagai gambaran jika mengikuti contoh tabel data dari gambar tabel pertama, maka yang harus dimasukkan adalah kolom cell A1.

Jika langkah di atas sudah selesai, selanjutnya adalah klik tombol "Properties". Setelah menu "Refresh Control" muncul, artinya Anda saat ini sudah bisa mengatur kapan nilai tukar uang akan diperbarui.

WHAT TO READ NEXT ?