Bosan dengan default folder di MS Word? Ini cara mudah mengubahnya

Bosan dengan default folder di MS Word? Ini cara mudah mengubahnya

Techno.id - Chandra Wijaya

Disadari atau tidak, saat selesai membuat dokumen baru dan ingin menyimpannya, lokasi save secara otomatis akan mengarah ke folder "My Documents". Ternyata, lokasi penyimpanan yang secara otomatis mengarah ke folder "My Documents" ini merupakan pengaturan resmi ketika Anda pertama kali menginstal Microsoft Word. Kabarnya, pengaturan default ini dibuat untuk memudahkan pengguna yang memang terbiasa menyimpan di folder standar tersebut.

Kendati demikian, banyak orang terkadang tak terlalu suka menggunakan folder "My Documents sebagai folder default untuk menyimpan semua dokumennya. Ada yang lebih suka menyimpannya di drive lain atau folder lain sesuai dengan yang diinginkan.

Sayangnya, pekerjaan save dokumen baru tanpa melalui folder default "My Document" akan jadi sedikit merepotkan. Proses mengubah folder tempat penyimpanan, mau tak mau harus dilakukan tiap kali akan melakukan save.

Pertanyaannya, adakah cara untuk menghilangkan rutinitas penyesuaian manual folder ini? Jawabannya tentu ada. Anda bisa melakukan pengaturan penyesuaian folder penyimpanan yang Anda pakai dengan cara mengubah pengaturan di MS Word.

Ingin tahu bagaimana caranya? Ikuti saja langkah-langkah berikut ini. Sebagai catatan, langkah-langkah peraturan ini bisa dilakukan untuk versi MS Word 2007 ke atas.

Langkah pertama

Buka Word Options. Untuk MS Word versi 2013 dan 2010, menu Option ini bisa ditampilkan dengan klik tab File di ribbon/menu atas dari Word dan kemudian pilih Options. Sementara bagi pengguna MS Word 2007, Anda hanya perlu klik tombol Office dan kemudian pilih Word Options,

Bosan dengan default folder di MS Word? Ini cara mudah mengubahnya

Langkah Kedua

Setelah jendela Word Options terbuka, klik Save di kolom sebelah kiri,

Langkah Ketiga

Selanjutnya, pindah ke kolom kanan, cari Default File Location field,

Bosan dengan default folder di MS Word? Ini cara mudah mengubahnya

Langkah Keempat

Klik tombol Browse yang ada di sebelah kanannya. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan jendela di mana Anda dapat memilih folder pribadi yang memang biasa Anda gunakan untuk menyimpan dokumen,

(brl/red)