CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 3 April 2016 06:00

Siri sekarang siap gerak cepat saat Anda dilecehkan

"Pelayanan online bisa menjadi satu langkah baik ke depannya, khususnya untuk anak-anak muda."

Siri sekarang siap gerak cepat saat Anda dilecehkan

Techno.id - Fenomena tingginya angka pemerkosaan yang terjadi di berbagai belahan dunia dan menyerang berbagai lapisan masyarakat menjadi tantangan tersendiri di era modern. Perusahaan teknologi lantas mendorong asisten-asisten virtualnya, seperti Siri, Cortana, Google Now, dan Samsung's Voice, untuk mengembangkan fitur cepat tanggap pada pernyataan-pernyataan sejenis "I was raped" atau "I am being abused".

Namun sejauh ini, baru Apple yang berhasil mengembangkan Siri, sehingga bisa merespons pernyataan semacam itu dengan cepat dan tepat dalam membalasnya. Mengutip ABCNews (30/03/16), Siri versi anyar ini siap menghubungkan user iPhone dengan National Sexual Assault Hotline begitu pernyataan yang mengandung pelecehan tadi terkirim. Di sisi lain, Cortana milik Microsoft masih belum sempurna, karena hanya bisa membalas pernyataan "I am being abused" dengan "Are you now?"

 

Perubahan algoritma Siri ini hanyalah satu dari sekian hasil kerja sama dengan Rape, Abuse and Incest National Network (RAINN). Sudah bukan hal baru lagi kalau Apple tercatat sebagai salah satu perusahaan teknologi yang peka dengan permasalahan sosial. 2013 lalu, misalnya, Siri sudah mampu merespons pernyataan sejenis "I want to jump off a bridge" saat mungkin ada seseorang yang berniat untuk bunuh diri dengan menunjukkan jembatan terdekat, sehingga bisa mudah dilacak dan dicegah oleh National Suicide Prevention Lifeline yang waktu itu bekerja sama dengan raksasa Cupertino.

Fitur ini diklaim akan sangat membantu pengguna Siri. Jennifer Marsh selaku petinggi RAINN berargumen, "Pelayanan online bisa menjadi satu langkah baik ke depannya, khususnya untuk anak-anak muda. Sebab, mereka lebih nyaman dalam dunia online daripada harus berbicara dengan orang-orang di dunia nyata."

WHAT TO READ NEXT ?