Benarkah Jepang bakal rilis mobil anti banjir untuk pasar Asia?

Benarkah Jepang bakal rilis mobil anti banjir untuk pasar Asia?

Techno.id - Hujan telah mulai mengguyur bumi, dan jika kita tidak menjaga lingkungan, maka genangan air pun akan muncul di mana-mana saat hujan datang dengan lebat nanti. Masalah banjir memang jadi sebuah polemik, terutama di kota besar.

Terbayang sudah berapa kerugian yang ditimbulkan jika banjir melanda ibukota seperti saat musim penghujan tahun lalu. Banyak kendaraan berharga ratusan juta bahkan milyaran rupiah terendam banjir.

Bicara soal kendaraan pintar yang sering diberitakan media belakangan ini, ternyata Jepang sudah mempersiapkan sebuah mobil anti banjir sejak tahun lalu. Seperti yang diberitakan oleh Fast Company Exist, kendaraan ini sengaja dibuat karena Jepang pernah terkena tsunami hebat pada tahun 2011 silam.

Benarkah Jepang bakal rilis mobil anti banjir untuk pasar Asia?

Jangan membayangkan kendaraan bertenaga listrik ini bisa Anda gunakan untuk berangkat bekerja melalui sungai atau danau. Memang mobil bernama FOMM ini akan secara otomatis berubah menjadi speed boat saat ia sedang berada di kawasan banjir.

First One Mile Mobility ini bermesin listrik, sehingga Anda tak perlu khawatir mogok saat terendam banjir. Mesin pendorongnya akan tetap bekerja sementara ban beralih fungsi seperti sirip pengendali.

Berukuran kecil dan memiliki kemudi seperti sebuah sepeda motor, kendaraan ini dirancang untuk sangat hemat baterai. Ia pun tetap harus diservis saat banjir telah mereda, agar bisa dipakai kembali saat keadaan darurat.

Dirancang untuk pasar Asia, rencananya FOMM bakal rilis di Thailand. Nah, apakah warga kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Semarang juga bakal membutuhkannya untuk mengantisipasi musim hujan ini? Bagaimana menurut Anda?

(brl/red)