Belanja iklan sirup Marjan tembus setengah triliun pada bulan puasa

Ilustrasi nonton TV © 2015 huffingtonpost.co.uk
Techno.id - Bulan puasa memang menjadi ajang perusahaan untuk belanja iklan, seperti yang dilakukan oleh brand Marjan. Dikabarkan jika iklan sirup yang sering muncul di TV ini membelanjakan iklan hingga menembus angka setengah triliun rupiah.
Dilansir dari Merdeka.com (19/07/15),berdasarkan survei yang dilakukan Adstensity, platform riset digital dari PT. Sigi Kaca Pariwara selama Ramadan tercatat brand Marjan (Marjan Melon dan Marjan Coco Pandan) yang paling royal melakukan belanja iklan TV dengan angka mencapai Rp 428,190 milliar. Belanja iklan Marjan, naik dari posisi awal periode dua minggu sebelumnya yakni Rp 207,022 milliar.
- Selama Ramadan belanja iklan TV tembus Rp 7 triliun RCTI lebih mendominasi dengan mendapat bagian Rp 1,049 triliun
- Puasa udah selesai, nostalgia dulu yuk sama meme sirup Marjan! Kebiasaan sirup Marjan muncul menjelang puasa tersebut lantas membuat netizen membuat meme tentang sirup Marjan.
- 5 Situasi kocak yang cuma ada saat Ramadan, kamu pernah yang mana nih? Ada yang sering kecele sama iklan sirup lho.
Dengan pengeluaran sebesar itu, maka Marjan diyakini selama Ramadan, membelanjakan sedikitnya setengah triliun bila digabung dengan media lainnya. Untuk televisi saja, Marjan menguasai pangsa pasar pembelanjaan iklan sampai 6 persen dari total sekitar 300-an pengiklan.
Sebelumnya, Marjan telah memulai momentum Ramadan sejak 9 Mei 2015 lalu. Pada saat itu, Marjan mengeluarkan klip iklan terbaru bertema gadis Minang yang bermain sepak takraw.
Selain itu, bisnis penyedia jasa dan layanan hotel pun menjadi nomor dua yang getol membelanjakan iklannya. Seperti Traveloka, belanja iklannya terus meroket selama Ramadan, menembus Rp 156,017 milliar.
Padahal pada periode dua minggu sebelum Ramadan belanja iklan Traveloka hanya mencapai Rp 17,011 milliar. Uniknya total belanja iklan industri tour & travel selama Ramadan hanya mencapai Rp 163,224 milliar. Hal ini berarti bahwa 95 persen belanja iklan industri tour & travel disumbang oleh Traveloka.
Kemudian peringkat ketiga adalah Dancow 1+. Meskipun bukan produk untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri, belanja iklan untuk produk ini mencapai Rp 148,663 miliar. Jumlah yang jauh lebih besar dibanding total belanja sektor industri otomotif yang hanya mencapai Rp 121,424 milliar.
RECOMMENDED ARTICLE
HOW TO
-
Cara menjalankan aplikasi dan game Windows di Android menggunakan Winlator terbaru di 2025
-
Cara record Zoom di laptop dan MacBook yang simpel dan mudah, sekaligus trik merangkum meeting pakai A
-
5 Langkah preventif merawat baterai HP di tengah musim pancaroba 2025, ternyata ini yang bikin rusak
-
Cara mengetahui dan memeriksa jumlah siklus baterai iPhone terbaru 2025, ini 5 langkah merawatnya
-
Cara menghentikan baterai laptop agar tidak terisi daya di atas 80% di Windows 11, ini alasannya
TECHPEDIA
-
Ini sejarah dan kegunaan teks viral "Lorem Ipsum" di tugu IKN, sudah ada sejak abad ke 16
-
Penjelasan mengapa port USB punya banyak warna, format terbaru di 2025 punya kecepatan 80 Gbps
-
10 Cara download gambar di Pinterest kualitas HD, cepat dan mudah dicoba
-
Cara download game PS2 dan PS3 di laptop dan HP, bisa main berdua
-
10 Fitur canggih iPhone 16E, bakal jadi HP Apple termurah di bawah Rp 10 juta?
LATEST ARTICLE
TECHPEDIA Selengkapnya >
-
Ini sejarah dan kegunaan teks viral "Lorem Ipsum" di tugu IKN, sudah ada sejak abad ke 16
-
Penjelasan mengapa port USB punya banyak warna, format terbaru di 2025 punya kecepatan 80 Gbps
-
10 Cara download gambar di Pinterest kualitas HD, cepat dan mudah dicoba
-
Cara download game PS2 dan PS3 di laptop dan HP, bisa main berdua