CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 19 Juli 2015 18:00

Di kuartal kedua Google Play lebih unggul ketimbang App Store

Pasca kuartal kedua berakhir, Google Play tercatat unggul dari segi jumlah download sedangkan App Store unggul dari segi pendapatan.

Di kuartal kedua Google Play lebih unggul ketimbang App Store

Techno.id - Dalam rilis yang dikeluarkan oleh situs survei App Anie baru-baru ini tercatat bahwa toko aplikasi Android, Google Play ternyata lebih unggul dari segi jumlah download ketimbang App Store milik Apple. Hingga kuartal kedua berakhir pada bulan Juni lalu, Google Play mencatat total jumlah download sekitar 85 persen lebih banyak dari total jumlah download di App Store.

Kendati kalah jumlah pendownload ketimbang Google Play, ternyata App Store malahan mencatat jumlah pendapatan dari pembelian aplikasi oleh pengguna lebih banyak. App Store tercatat memperoleh pendapatan 60 persen lebih banyak ketimbang pendapatan dari Google Play.

© 2015 appanie.com

Menurut analisa dari situs survei ini, jumlah download aplikasi di Google Play lebih banyak ketimbang App Store tak lepas dari laris manisnya ponsel berbasis Android di negara berkembang serta rata-rata aplikasi yang dijajakannya pun bisa didapat secara gratis pula. Sementara, alasan dibalik mengapa App Store bisa mencatatkan jumlah penjualan lebih banyak ketimbang Google Play karena rata-rata aplikasi di toko tersebut membutuhkan biaya untuk mendapatkannya dan banyak digunakannya perangkat berbasis iOS di negara-negara maju seperti Amerika, Tiongkok, dan Jepang yang kultur dari masyarakatnya rela mengeluarkan uang berapa pun untuk mendapatkan aplikasi idaman mereka di App Store.

Pihak App Anie mengklaim bahwa tren ini kemungkinan besar bakal bertahan hingga kuartal selanjutnya. Bahkan, bisa jadi persaingan menjadi semakin sengit karena di akhir tahun nanti beberapa smartphone yang mengusung OS berbasis Android dan iOS akan banyak muncul.

WHAT TO READ NEXT ?