CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 18 Juli 2015 08:00

Apple dan Samsung berencana tidak gunakan SIM Card lagi

Kartu SIM yang konvesional ini akan digantikan menjadi e-SIM. Seperti apakah itu?

Apple dan Samsung berencana tidak gunakan SIM Card lagi

Techno.id - Dilansir oleh Techspot.com (17/07/15), kabarnya Apple dan Samsung akan bekerja sama dengan GSMA, sebuah asosiasi yang mewakili industri telekomunikasi mobile dan mendukung standar GSM, untuk mengakhiri penggunaan kartu SIM konvensional.

Kartu SIM yang konvesional ini akan digantikan menjadi e-SIM yang nantinya memungkinkan pengguna untuk cepat dan mudah beralih jaringan. Konsep e-SIM ini diakui lebih fleksibel dari kartu SIM yang konvensional.

Teknologi ini terlihat mirip dengan Apple SIM yang diperkenalkan pada perangkat milik Apple yakni iPad Air 2. Namun, bedanya Apple SIM masih bisa digantikan dengan kartu SIM yang lain, sedangkan e-SIM akan bersifat non-removable.

Hal ini akan membuat perangkat Apple dan Samsung ke depannya tidak akan dilengkapi oleh slot untuk kartu SIM. Di sisi lainnya, GSMA meyakini jika konsep e-SIM akan bisa di adopsi oleh operator besar dunia seperti AT & T, T-Mobile, Vodafone, Orange, serta Telefónica.

Beberapa penyempurnaan sedang dilakukan untuk konsep e-SIM tersebut. GSMA sendiri berharap akan menyelesaikan spesifikasi dan meluncurkan e-SIM tersebut pada tahun 2016 mendatang.

WHAT TO READ NEXT ?