Audi Lunar Quattro telah siap untuk dipakai jelajahi bulan

Audi Lunar Quattro telah siap untuk dipakai jelajahi bulan

Techno.id - Beberapa waktu lalu, produsen otomotif yang bermarkas di Jerman, Audi, mengumumkan sedang mengembangkan prototipe kendaraan yang bisa dipakai di bulan. Bernama Audi Lunar Quattro, kendaraan ini memang didesain khusus untuk menjelajahi permukaan bulan.

Namun kabar terakhir mengatakan bahwa kendaraan ini telah siap untuk dipakai melakukan serangkaian tugas di sana. Seperti yang diberitakan oleh Auto Blog pada hari Minggu (27/09/15) lalu, Audi Lunar Quattro juga bakal memotret beberapa objek di bulan.

Kendaraan ini memang merupakan bagian dari proyek Google Lunar Xprize. Proyek ini dikerjakan oleh mereka yang menamakan dirinya Ilmuwan Paruh Waktu, bermarkas di Jerman dan beranggotakan 25 orang dari seluruh dunia.

Audi Lunar Quattro telah siap untuk dipakai jelajahi bulan

Proyek ini memang disponsori oleh Audi. Mengandalkan solar cell sebagai sumber tenaga, panel surya tersebut terhubung dengan baterai lithiom-ion yang bertugas untuk menggerakkan roda-rodanya.

Kendaraan ini mampu dipacu hingga kecepatan 3,5 km/h. Namun yang perlu digarisbawahi adalah bukan soal kecepatan, melainkan kemampuannya untuk menjelajah medan berat pada permukaan bulan.

Lunar Quattro dibekali dengan 2 buah kamera stereoskopik yang akan mengirimkan rekaman video berkualitas HD ke bumi. Lunar Quattro bakal diterbangkan ke bulan menggunakan roket pada akhir tahun 2017 nanti.

Setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 5 hari, Lunar Quattro bakal didaratkan tepat di garis ekuator bulan, dekat dengan titik pendaratan Apollo 17.

(brl/red)