Asus ceraikan Intel demi kembali ke pelukan Qualcomm

Asus ceraikan Intel demi kembali ke pelukan Qualcomm

Techno.id - Kerja sama antara Asusdan Intel nampaknya akan segera berakhir. Seperti laporan dari AndroidCommunity (30/4/15), hal ini sesuai dengan pernyataan dari CEO Asus, Jerry Shen, dalam sebuah sesi wawancara. Sebagai gantinya, ia memutuskan untuk menggandeng Qualcomm sepenuhnya.

Langkah yang diambil Asusini sebenarnya cukup mengejutkan. Sebab, Intel bukanlah penyuplai prosesor baru untukAsus. Beberapa produk Asuskeluaran 2015, seperti Zenfone 2 dan Fonepad 7, pun masih menggunakan chipset dari Intel.

Di sisi lain, chipset buatan Qualcomm faktanya juga pernah ditanamkan ke beberapa ponsel buatan pabrik asal Taiwan itu. PadFone S dan Zenfone 5 seri A500KL adalah sebagian kecil contohnya. Qualcomm sendiri belum lama kehilangan klien terbesarnya, Samsung, sehingga batal menyuplai chipset untuk dapur pacu Galaxy S6 dan S6 Edge.

Rencananya, Asusakan mulai menggunakan chipset Snapdragon 615 buatan Qualcomm untuk seri Zenfone 3. Akankah kerja sama ini bakal menguntungkan kedua belah pihak? Tunggu saja gebrakan mereka.

(brl/red)