CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 11 April 2015 17:00

Intel dan Micron kembangkan SSD 10TB berkecepatan tinggi

Sebentar lagi, Intel dan Micron akan merilis SSD berkapasitas 10TB dan flash memori stik berkapasitas 3,5TB.

Intel dan Micron kembangkan SSD 10TB berkecepatan tinggi

Techno.id - Teknologi tak hanya hadir pada gadget yang hampir setiap saat terjadi pembaruan. Namun, kemajuan teknologi juga terjadi pada media simpan yaitu SSD. Ya, seperti yang Anda tahu Intel memang sudah sejak lama bergelut di bidang pembuatan komponen elektronik. Nah, kali ini Intel bekerja sama dengan Micron untuk mengembangkan perangkat penyimpanan.

Kedua produsen elektronik ini membuat SSD berkapasitas 10TB serta flash memori berbentuk stik berkapasitas 3,5TB. Tak hanya memiliki ruang penyimpanan yang besar, kedua perangkat tersebut juga mengalami peningkatan pada struktur mesinnya, seperti yang dilaporkan oleh Gizmag.

Biasanya, sebuah flash memori hanya menyimpan satu bit pada satu sel memori. Dengan jumlah sel yang sedikit dalam satu bit, akan menjadikan elektron yang disimpan dalam sel juga semakin sedikit. Akibatnya, minimnya elektron akan membuat sebuah memori lebih rentan terjadi kesalahan.

Namun, sekarang telah dikembangkan lagi dengan menggunakan teknologi NAND 3D terbaru. Teknologi tersebut akan menumpuk sel secara vertikal di 32 lapisan untuk menyimpan 32GB di dalam (MLC) Multi-Level Cells dan 48GB di (TLC) Triple-Level Cells. Dengan begitu, memungkinkan sebuah SSD dapat menyimpan tiga kali lipat lebih besar dari SSD pada umumnya.

Bila pengembangan ini berjalan lancar, Intel dan Micron memastikan akan memasarkan SSD berkapasitas tinggi dan flash memori stiknya pada awal tahun depan.

Di lain pihak, Toshiba juga tengah mengembangkan teknologi NAND 3D dengan 48 lapisan yang diklaim lebih cepat dari teknologi milik Intel. Luar biasa, 32 lapisan saja sudah sangat menakjubkan, apalagi 48 lapisan. Namun sayang, Toshiba belum mengonfirmasi kapan produknya akan dipasarkan. Oleh karena itu lebih baik Anda menantikan kedatangan SSD Intel dan Micron yang akan diluncurkan tahun depan.

WHAT TO READ NEXT ?