Apple Watch pengaruhi penurunan smartwatch lain hingga 14 persen

Apple Watch pengaruhi penurunan smartwatch lain hingga 14 persen

Techno.id - Kehadiran Apple Watch bisa menjadi kabar baik dan buruk di antara dua golongan. Kabar baiknya, para pelanggan Apple dapat menikmati keindahan desain dan teknologi dari Apple Watch. Namun, di sisi lain Apple Watch menjadi kabar buruk karena pangsa pasar smartwatch tradisional menjadi anjlok.

Seperti dilansir oleh MacWorld (8/8/15), data dari perusahaan riset pasar NPD Group menunjukkan bahwa penjualan smartwatch tradisional di Amerika Serikat mengalami penurunan hingga 14 persen pada bulan Juni 2015 dibandingkan bulan Juni tahun lalu.

Penurunan paling parah dialami oleh jam tangan dengan kisaran harga Rp 1,3 juta hingga Rp 2 juta. Penjualan smartwatch di kisaran harga tersebut menurun sampai 24 persen. Secara umum, pasar smartwatch menurun hingga Rp 13,5 juta.

Bila dibandingkan dengan smartwatch tradisional yang mengalami penurunan penjualan di bulan Juni, Apple Watch justru sebaliknya. CEO Tim Cook menyatakan bahwa penjualan Apple Watch meningkat pada bulan Juni.

Melihat fenomena ini, NPD mengatakan bahwa kemungkinan pasar smartwatch jenuh dengan harga merek fashion yang murah dan lebih antusias dengan produk mahal untuk menunjang gaya hidup.

(brl/red)