Apple Watch kuasai 75 persen pasar smartwatch dunia

Apple Watch kuasai 75 persen pasar smartwatch dunia

Techno.id - Perangkat wearable akan merajai pasar teknologi yang kemungkinan dapat menggeser kepopuleran smartphone. Seperti halnya smartwatch milik Apple atau biasa disebut sebagai Apple Watch. Belum lama ini, ada laporan dari WatchAware yang memberitahukan bahwa Apple Watch adalah pemain bintang di industri smartwatch.

Dalam laporan tersebut terselip informasi yang menunjukkan penjualan Apple Watch begitu mengagumkan. Hanya dalam waktu tiga bulan, Apple Watch berhasil menangkap 75,5 persen dari pangsa pasar smartwatch global. Kesuksesan ini sepertinya berasal dari pengiriman 4 juta unit Apple Watch ke seluruh dunia, seperti yang dilaporkan oleh MacWorld (22/7/15),

Laporan ini turut memperlihatkan keterpurukan dari smartwatch milik Samsung. Nampaknya, Samsung kurang beruntung pada pasar smartwatch. Pasalnya, dalam periode yang sama, smartwatch Samsung justru anjlok dari 73,6 persen pangsa pasar menjadi 7,5 persen. Begitu pula vendor smartwatch yang lain, mereka ikut jatuh dari 26,4 persen menjadi 17 persen.

Peluncuran Apple Watch memang berdampak besar pada seluruh pasar smartwatch dunia. Laporan tadi mengklaim bahwa pertumbuhan Apple Watch telah meroket lebih dari 457 persen. Hebatnya, kesuksesan tersebut didapat hanya dalam periode bulan April sampai Juni 2015.

(brl/red)