Analis: "Apple Watch akan pimpin kesuksesan smart wearable gadget"

Analis: "Apple Watch akan pimpin kesuksesan smart wearable gadget"

Techno.id - Pasar wearable gadget saat ini memang masih dikuasai oleh Fitbit dan Xiaomi. Kedua produsen itu sukses memimpin sektor ini berkat tren penjualan basic wearable gadget yang positif.

Akan tetapi, peta kekuatan vendor wearable gadget bisa saja berubah tahun depan. Menurut Jitesh Ubrani, analis senior Worldwide Mobile Device Trackers, smart wearable diduga bakal lebih populer ketimbang yang basic.

"Kami memprediksi smart wearable gadget, yaitu yang bisa menjalankan aplikasi dari pihak ketiga, bakal memimpin pada 2016, " ujar Jitesh, seperti dikutip dari rilis pers IDC (18/06/15).

Ia turut menyebut sejumlah nama besar yang berpeluang untuk menguasai pasar smart wearable gadget."Smart wearable gadget, seperti Apple Watch dan Micosoft Hololens, adalah indikasi dari perubahan yang akan datang dalam sistem komputasi," tambahnya.

Selain menjadi kesempatan emas bagi vendor, transisi dari basic ke smart wearable gadget juga akan membuka peluang yang luas bagi pihak lain, sebut saja pengembang aplikasi dan pembuat aksesori.

Sejauh ini, pasar wearable gadget terus berkembang. Tahun ini, IDC pun memprediksi bakal ada 72,1 juta unit wearable gadget yang terjual. Jika prediksi itu terealisasi, maka persentase penjualannya akan benar-benar melonjak 173,3 persen ketimbang tahun 2014.

(brl/red)