CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 14 Maret 2016 19:00

Bridestory: Banyak pasangan pilih vendor berdasar rekomendasi kerabat

Masih sedikit pasangan pengantin di Indonesia yang menggunakan rekomendasi situs pencari vendor pernikahan seperti Bridestory.

Bridestory: Banyak pasangan pilih vendor berdasar rekomendasi kerabat

Techno.id - Pangsa pasar pernikahan di Indonesia yang kian berkembang beberapa waktu belakangan membuat Bridestory, salah satu wedding marketplace terbesar Asia Tenggara asal Indonesia baru-baru ini mengadakan sebuah survei mengenai tren pernikahan. Setelah melakukan survei kepada sekitar 4.000 pasangan pengantin, didapatlah beberapa fakta unik nan menarik mengenai tren pernikahan di Indonesia.

Dalam temuannya tersebut, perusahaan yang mendapat suntikan dana dari beberapa investor seperti EMTEK, East Ventures, dan banyak lainnya tersebut mengungkapkan bahwa sebanyak 23,4 persen pasangan pengantin di Indonesia lebih suka memilih vendor pernikahan berdasar rekomendasi dari kerabat atau teman. Ya, menurut hasil survei dari Bridestory diketahui jika banyak pasangan masih lebih suka mendapat rekomendasi dari teman atau kerabat, sedangkan baru sekitar 17,4 persen-nya menjadikan situs penyedia jasa pernikahan sebagai pilihan rekomendasi vendor.

Tak hanya itu, dalam siaran pers yang diterima Techno.id (14/3/16), diketahui jika masih banyak pasangan pengantin di Indonesia lebih memilih vendor berdasarkan pilihan harga yang ditawarkan dan juga kepribadian vendor. Kendati demikian, tak bisa dipungkiri jika perkembangan situs penjaja jasa pernikahan akan lebih berkembang ke depannya seturut dengan berkembangnya penggunaan internet di tanah air.

“Kami berharap agar laporan ini menjadi referensi informatif yang diperuntukkan bagi pasangan yang sedang merencanakan pernikahan, dan juga memberikan insights bagi vendor pernikahan mengenai perilaku konsumen dan tren terkini di dunia pernikahan,” ujar Kevin Mintaraga, co-founder dan CEO Bridestory.

Dalam laporan hasil survei tersebut juga disebutkan beberapa fakta unik seputar persiapan pernikahan para pasangan pengantin di Indonesia. Mulai dari banyaknya anggaran pernikahan di Indonesia yang masih dibiayai oleh orang tua, tren baju pernikahan dengan potongan ball gown yang menjadi pilihan favorit pengantin wanita di Indonesia, tema pernikahan kebun yang menjadi tema paling banyak digunakan oleh pasangan pengantin di Indonesia, hingga tren pre-wedding yang makin berkembang saat ini di mana hampir 84,2 persen pasangan pengantin pasti akan melakukan proses yang menyedot dana cukup besar tersebut yakni sekitar Rp10 jutaan.

Infografis tren pernikahan di Indonesia
© 2016 Bridestory

WHAT TO READ NEXT ?