3 Dari 5 smartphone mewah yang laku tahun 2015 adalah iPhone

3 Dari 5 smartphone mewah yang laku tahun 2015 adalah iPhone

Techno.id - Apple layaknya merasa beruntung pernah melahirkan sebuah inovasi bernama iPhone. Pasalnya, hanya berbekal penjualan produk tersebut, Tim Cook cs kembali sukses merebut label Most Valuable Company yang belum lama digenggam oleh Google.

Penjualan iPhone tak cuma membawa pemasukan yang tinggi bagi raksasa Cupertino itu, tetapi juga mendominasi tipe smartphone premium dunia. Berdasarkan data dari Counterpoint Research dari blog resminya (28/01/16), tiga dari lima ponsel mewahyang terjual selama 2015 lalu adalah iPhone. Handset berlogo apel tergigit itu pun menguasai kelas high-end yang harganya di atas Rp5,5 juta.

Posisi Apple di industri smartphone pun masih terbilang sangat aman. Dengan 850 brand yang mencoba menggarap sektor ini, tak banyak yang bisa konsisten dan terus menjual produknya lebih banyak dari tahun lalu. Alhasil, hanya ada 20 produsen teratas yang mampu menguasai 85 persen pangsa pasar smartphone dunia.

Apple sendiri termasuk di daftar vendor yang penjualannya meningkat dari 2014 ke 2015 kendati tak signifikan, tepatnya dari 74,5 juta ke 74,8 juta unit. Mereka memegang market share sebesar 17,9 persen, di bawah Samsung.

Sebagai gambaran, Counterpoint turut mencatat ada 1.475 juta unit smartphone yang terjual sepanjang 2015. Angka itu tumbuh 12 persen dari tahun lalu. Beberapa vendor dari Tiongkok terpantau memiliki pertumbuhan yang sangat tinggi hingga lebih dari 100 persen, contohnya Oppo dan Meizu.

(brl/red)