CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 20 Desember 2015 18:00

Cara hemat kuota data saat tethering hotspot smartphone ke laptop

TripMode dapat membatasi update otomatis, backup online, dan foto sinkronisasi.

Cara hemat kuota data saat tethering hotspot smartphone ke laptop

Techno.id - Kalau tak ada Wi-Fi di rumah, mungkin jalan satu-satunya agar tetap terhubung dengan internet adalah menggunakan modem USB atau tethering hotspot dari smartphone. Sayangnya, solusi ini terkadang membuat pemakaian kuota internet di smartphone menjadi cepat habis.

Hal ini tentu menjengkelkan bagi sebagian orang. Apalagi, jika orang tersebut menggunakan paketan internet kuota. Pastinya, kuota internetnya akan tersedot habis saat digunakan untuk internetan di laptop. Lalu, bagaimana solusi terbaik agar internet Anda tetap jalan tetapi tidak menguras kuota internet?

Agar kuota internet tak terkuras habis saat dipakai tethering hotspot, Anda bisa menggunakan software TripMode. Software ini memberikan Anda kuasa untuk memilih akses internet apa saja yang diperbolehkan. Jadi, Anda bisa menyimpan kuota data internet agar terpakai untuk hal-hal yang penting saja. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan TripMode pada laptop Windows 7/ 8,1, Windows 10, dan Mac OS X.

Software TripMode bisa diunduh secara gratis, namun dengan fitur seadanya. Jika Anda menginginkan semua fitur, Anda bisa membeli TripMode dengan harga sekitar Rp 111.000. Namun, bila Anda tak ingin mengeluarkan uang berlebih, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 7 hari. Selain itu, Anda juga dapat menjajalnya secara gratis setiap hari tetapi dengan waktu pemakaian yang terbatas, yakni 15 menit sehari, seperti yang disadur dari WonderHowTo (19/12/2015).

Ketika TripMode diaktifkan, Anda akan melihat jumlah data yang digunakan, mulai dari sesi terakhir, sebulan yang lalu, dan sekarang. TripMode juga bakal menunjukkan aplikasi apa saja yang dapat mengambil kuota internet Anda. Dari situ, Anda bisa memilih mau membiarkan atau membatasi penggunaan aplikasi tertentu untuk dapat menggunakan akses internet.

Di samping itu, saat TripMode aktif, Anda tidak akan dapat mengunduh atau menggunggah suatu file. Bahkan, TripMode akan membatasi update otomatis, backup online, dan foto sinkronisasi. Secara keseluruhan, TripMode adalah software yang bagus untuk membatasi akses internet dari tethering hotspot smartphone.

WHAT TO READ NEXT ?