CONNECT WITH US
Fauzan Jamaludin |
 28 Desember 2015 22:00

Uber bakal hadapi pesaing kuat dari sokongan Pangeran Arab

Pesaing kuat Uber dapat investasi dari Pangeran Arab, mampukah Uber melawan?

Uber bakal hadapi pesaing kuat dari sokongan Pangeran Arab

Techno.id - Pangeran Saudi Al-Waleed bin Talal tampaknya memiliki daya tarik tersendiri terhadap layanan transportasi berbasis aplikasi semacam Uber. Namun ketertarikan salah satu orang terkaya di Timur Tengah itu bukan untuk Uber, melainkan pesaing terkuatnya yaitu Lyft.

Sebagaimana dikutip dari The Wall Street Journal (24/12), sang pangeran kabarnya telah menanamkan investasi sebesar USD 104,9 juta (sekitar Rp 1,4 triliun) kepada Lyft. Melalui dana tersebut, ia pun kini resmi menguasai kepemilikan saham Lyft hingga sebesar 2,3 persen.

Fakta menariknya, popularitas Lyft di wilayah Arab Saudi padahal boleh dikatakan masih tertinggal jauh dengan Uber. Dan sejauh ini, masih belum diketahui secara pasti mengapa sang pangeran justru memilih menginvestasikan hartanya pada Lyft.

Sebagai informasi tambahan, valuasi perusahaan Lyft untuk yang terakhir kalinya masih berada di titik USD 4,9 miliar (sekitar Rp 66,9 triliun). Angka itu sangat jauh tertinggal dengan Uber yang nilai valuasinya mencapai USD 64,6 miliar (sekitar Rp 879 triliun).

Nama Al-Waleed bin Talal sendiri sejatinya bukanlah sebuah nama investor baru di dunia teknologi. Sebelumnya, ia dilaporkan juga telah berinvestasi di perusahaan-perusahaan raksasa seperti Apple, Twitter, News Corp, hingga The Wall Street Journal.

WHAT TO READ NEXT ?