CONNECT WITH US
Fauzan Jamaludin |
 14 April 2016 15:00

Lazada diakuisisi Alibaba, OLX ucapkan selamat

Aksi korporasi Alibaba untuk Lazada patut dijadikan inspirasi untuk para pelaku e-commerce lain di Indonesia

Lazada diakuisisi Alibaba, OLX ucapkan selamat

Techno.id - Seperti diketahui, Lazada baru saja menerima investasi senilai USD 1 miliar atau setara Rp 13,1 triliun dari Alibaba Group Holding Ltd. Praktis, raksasa e-commerce asal Tiongkok itu pun kini resmi menggenggam saham terbesar Lazada.

Menyikapi hal itu, Daniel Tumiwa selaku bos OLX yang juga merangkap sebagai Ketua Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) mengatakan bahwa hal tersebut patut diapresiasi dan bisa menjadi kisah inspiratif untuk para pelaku e-commerce di Indonesia.

"Selamat buat Lazada bisa dibeli Alibaba. Aksi korporasi ini tentunya akan lebih bagus, buat konsumen juga," ujar Daniel saat menghadiri acara media gathering OLX di Jakarta, Kamis (14/4).

Menurutnya, Lazada merupakan e-commerce Asia Tenggara yang baru berkiprah selama empat tahun. Namun, lanjut Daniel, Lazada mampu membuat raksasa e-commerce dunia sekelas Alibaba tertarik membeli, bahkan dengan harga yang sangat fantastis.

Aksi korporasi yang dilakukan Alibaba, menurut Daniel, tak seharusnya membuat para pelaku e-commerce lokal justru menciut. Pasalnya, setiap e-commerce memiliki pasar masing-masing, terlebih lagi pasar online ritel yang ceruknya masih sekitar 95 persen.

"Internet itu kesempatannya sama rata, all level playing field. Mau itu tukang bakso atau siapa, tapi jualannya di internet, maka sama saja. Bedanya, Alibaba lebih cepat pelayanannya. Jadi, kalau mereka (di Indonesia) mengikuti aturan yang berlaku, maka sama saja, fight saja," imbuhnya.

WHAT TO READ NEXT ?