HarukaEdu: Startup e-learning tawarkan sertifikasi online

HarukaEdu: Startup e-learning tawarkan sertifikasi online

Techno.id - Di Indonesia, pendidikan online saat ini mungkin masih terdengar tabu. Namun hal ini tidak menyurutkan niat dari Novistiar Rustandi selaku dosen Universitas Bina Nusantara dan Surya University untuk mendirikan situs pendidikan online berbasis e-learning bernama HarukaEdu.

Seperti namanya, HarukaEdu merupakan startup pendidikan yang menyediakan solusi lengkap dan terpadu untuk membantu perguruan tinggi dalam menawarkan program kuliah online berkualitas dengan investasi dan resiko minimum. HarukaEdu sendiri beroperasi di bawah naungan badan hukum PT Haruka Edukasi Utama.

HarukaEdu memiliki visi untuk menjadi salah satu penyedia pendidikan online terkemuka yang berkualitas, terjangkau, interaktif, dan dapat diakses oleh setiap orang melalui jaringan internet. Sedangkan misi dari HarukaEdu adalah memberikan masa depan yang lebih baik kepada banyak orang dengan cara mempermudah mereka mendapatkan pendidikan seumur hidup yang berkelanjutan (life-long, continuous learning).

Sejauh ini, HarukaEdu menerapkan konsep end-to-end solution. Yaitu menyediakan infrastruktur teknologi informasi yang diperlukan untuk menyelenggarakan kuliah online, mengembangkan kurikulum dan silabus online, membuat konten digital, mencari dan melatih tenaga pengajar, memasarkan program dan merekrut mahasiswa, sampai dengan menjalankan dan melakukan administrasi perkuliahan.

Dengan menerapkan konsep tersebut, HarukaEdu mengakui bahwa kompetitor yang serupa dengan konsep bisnisnya. Namun, HarukaEdu terinspirasi dengan layanan pendidikan sejenis dari Amerika Serikat seperti 2U, EMBAnet, Deltek. Hingga saat ini, HarukaEdu sudah sukses menjalin kerja sama dengan London School of Public Relation (LSPR - akreditasi A), Sekolah Tinggi Manajemen Labora (STM Labora - akreditasi B), dan Universitas Wiraswasta Indonesia (UWIN - akreditasi B).

Saat ini, HarukaEdu memiliki investasi series A dari CAV. CAV sendiri adalah perusahaan VC asal Jepang yang bergerak di dalam aktivitas investasi kepada startup-startup yang fokus dalam bidang internet bisnis. Hingga kini CAV sudah memiliki cabang di negara Jepang, Korea Selatan, Amerika, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, dan Indonesia.

Untuk target di masa depan, HarukaEdu berencana akan meluncurkan beberapa online degree lagi di bidang Teknologi Informasi (TI) dan Akutansi dengan tingkat S1 dan S2. HarukaEdu kini juga sedang membuka rekrutmen untuk menempati posisi di bidang teknologi informasi, pemasaran, dan akademik.

(brl/red)