CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 1 Maret 2016 07:00

Ternyata, Facebook bisa dipakai untuk melacak pola tidur teman Anda!

Menurut Louv-Jansen: Pola tidur dapat diketahui dari kebiasaanya mengakses layanan Facebook Messenger.

Ternyata, Facebook bisa dipakai untuk melacak pola tidur teman Anda!

Techno.id - Tahukah Anda, Facebook ternyata juga bisa digunakan untuk melacak pola tidur kawan Anda? Ya, menurut sebuah penelitian yang diprakarsai oleh Soren Louv-Jansen seorang sofware engineer yang berbasis di San Fransisco, pola tidur dari kawan Anda bisa diketahui dengan mudah via perilaku penggunaan layanan Facebook Messenger.

Sebagaimana dilansir oleh NDTV (29/2/16), Louv-Jansen mengatakan memakai fitur "time stamps" pada Facebook Messenger untuk mengetahui kebiasaan atau perilaku tidur kawannya. Dengan melihat fitur waktu yang menunjukkan jam online pengguna tersebut, Louv-Jansen mengklaim bisa memperkirakan kapan waktu pengguna mengakses Facebook Messenger pertama kali, kapan ia mengetik pesan, dan kapan ia menonaktifkan layanan tersebut.

Diakui Louv-Jansen untuk mengetahui secara pasti waktu mengakses layanan Facebook Messenger kawannya, tak cukup dari data time stamps. Untuk itu, ia membuat sebuah software khusus untuk menghitung secara spesifik waktu mengakses layanan Facebook Messenger kawannya.

"Dengan membuat software sederhana yang dapat menganalisis kebiasaan akses Facebook setiap 10 menit, saya bisa mendapatkan gambaran yang akurat dari penggunaan Facebook kawan-kawan saya," ujar Louv-Jansen.

Saat ini, Louv-Jansen mengaku jika software penghitung kebiasaan mengakses layanan Facebook Messenger buatannya itu tengah diterbitkan di GitHub.

WHAT TO READ NEXT ?