3 Tips sederhana meningkatkan keamanan akun Facebook

3 Tips sederhana meningkatkan keamanan akun Facebook

Techno.id - Kemudahan untuk mengakses Facebook dari banyak perangkat seperti smartphone, tablet hingga desktop memang sangat membantu. Namun juga sekaligus menjadi sisi kelemahan karena cenderung rentan dibajak.

Untungnya, Facebook juga menyediakan banyak fitur keamanan yang dapat dimanfaatkan agar akun para penggunanya tidak mudah terbajak. Yang pasti, kepedulian Anda untuk monetisasi akun Facebook juga merupakan faktor yang paling penting.

Hal pertama dan paling mendasar adalah membiasakan diri untuk selalu Log Out akun setelah selesai menggunakan. Akan lebih baik pula jika Anda hanya login di perangkat yang memang biasa digunakan alias tidak bergonta-ganti perangkat.

Hal kedua yakni dengan mengaktifkan fitur Facebook bernama Login Alerts. Sesuai namanya, fitur ini akan memberi tahu jika akun Facebook Anda tengah diakses di browser atau perangkat yang tak biasanya digunakan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, akses menu "Security Settings" yang dapat ditemukan di halaman pengaturan. Selanjutnya, pilih metode notifikasi yang dirasa paling aman dan nyaman untuk Anda (Notifikasi, Email, dan SMS).

Adapun langkah terakhirnya adalah dengan membuat password yang kuat. Memang sederhana, namun faktanya banyak pengguna yang meremehkan poin ini. Yang pasti, password kombinasi antara huruf, angka dan simbol adalah yang terbaik.

Semoga bermanfaat!

(brl/red)