3 Tips dasar mengoptimalkan SEO melalui Twitter

3 Tips dasar mengoptimalkan SEO melalui Twitter

Techno.id - Ada banyak cara untuk meningkatkan atau mengoptimalkan profit bisnis online dari sisi Search Engine Optimization (SEO). Selain dapat dilakukan melalui website pribadi, kepopuleran situs-situs media sosial seperti Twitter juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan SEO bisnis Anda. Berikut tiga tips mengoptimalkan SEO melalui Twitter menurut socialmediatoday.com.

Biografi

Di samping tweet, search engine seperti Google juga akan selalu mempertimbangkan biografi Twitter. Memberikan informasi yang relevan dan lengkap khususnya informasi kontak perusahaan adalah hal yang sangat diperhitungkan oleh search engine.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melengkapi semua data-data biografi pada akun Twitter. Link yang mengarah ke halaman website bisnis atau akun media sosial Anda juga merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Serta usahakan untuk tidak membuat deskripsi lebih dari 160 kata.

Retweet

Secara umum tweet adalah media interaksi utama di Twitter dan search engine akan mengindex setiap tweet secara otomatis. Namun faktanya retweet memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap SEO. Logika sederhananya adalah semakin banyak suatu konten disebarkan, search engine juga otomatis lebih memprioritaskan konten tersebut. Di samping itu peluang pengunjung ke website Anda juga akan meningkat.

Konsep dasar untuk mendapatkan retweet sebenarnya juga tidaklah sulit. Selama Anda memberikan konten yang berkualitas dan dapat mempromosikannya dengan kata kunci yang tepat, maka peluang untuk mendapatkan retweet akan selalu besar. Menulis konten yang relevan dengan target bisnis, menggunakan kata kunci yang unik, dan tweet di saat yang tepat (pada saat hari libur) biasanya berpotensi tinggi untuk mendapatkan retweet.

Hashtag

Hashtag adalah salah satu fitur unggulan Twitter dan sangat berguna untuk meningkatkan profit bisnis. Dengan adanya fitur tagar ini, peluang orang lain untuk menemukan konten Anda akan lebih cepat, mudah, dan tepat sasaran. Menggunakan hashtag dengan kata kunci yang relevan dengan topik bisnis Anda adalah kunci utama untuk mendapatkan pengunjung.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dari fitur hashtag. Pertama, hashtag yang bagus adalah hashtag yang dapat mengalihkan pengunjung ke website atau akun media sosial Anda. Kedua, hashtag dengan kata kunci yang relevan akan meningkatkan peringkat di search engine. Ketiga adalah hashtag dapat mempromosikan konten bisnis Anda tidak hanya kepada pengikut, melainkan juga menciptakan pelanggan baru.

Demikian tiga tips dasar untuk mengoptimalkan SEO melalui situs media sosial Twitter. Bagaimanapun juga, ketiga tips ini tidak akan bekerja dengan baik jika tidak diimbangi dengan ketekunan dalam menjalani bisnis online. Selamat mencoba dan semoga sukses!

(brl/red)